Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2019, 23:00 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Bagi mereka yang ingin berkeringat, sauna memang bisa menjadi tempat terbaik. Namun, itu bukan pilihan terbaik untuk orang-orang yang berpikir bahwa kombinasi suhu panas dan hilangnya cairan tubuh dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Banyak orang percaya, menghabiskan 15 hingga 30 menit di sauna, pada suhu mencapai 195 derajat Fahrenheit atau 90.5 derajat celcius, dapat membantu mengurangi beberapa kilogram berat badan.

Ini karena banyak tips olahraga yang menyebutkan, bahwa ketika kamu berkeringat, maka tubuh juga kehilangan lemak.

Tetapi menurut para ahli kebugaran, sauna bisa sedikit membantu dalam penurunan berat badan. Meski, berkeringat sambil duduk di ruangan panas itu selama beberapa menit hanya mengurangi berat air.

Baca juga: Begini Cara Sauna Membersihkan Kulit

Itu berarti kamu hanya kehilangan air dari tubuh dan tidak ada pembakaran lemak. Di sauna, tubuh tidak membakar sejumlah kalori dan tidak membangun otot.

Selain itu, mudah untuk mengembalikan berat air yang hilang hanya dengan minum. Di sisi lain, suhu tinggi di sauna dapat meningkatkan detak jantung seperti halnya selama latihan fisik.

Hal itu memang ada benarnya, tetapi meningkatnya detak jantung hanya membakar kalori sedikit lebih banyak daripada duduk diam dan jauh dari aktivitas fisik yang berat.

Ada juga mitos tentang sauna yang bisa membantu membakar 300 hingga 1.000 kalori dalam 30 menit.

Padahal pada treadmill atau latihan HIIT (High Intensity Interval Training), kehilangan 14 kalori per menit sudah dianggap sangat tinggi dan sulit dipertahankan.

Jadi, hanya duduk dan menikmati suhu panas tampaknya tidak benar-benar akan membantumu membakar ratusan hingga seribu kalori.

Baca juga: Hindari, 6 Kesalahan Umum Saat Melakukan HIIT

Efek Buruk Dari Sauna

Para ahli memeringatkan, bahwa paparan panas ekstrem dapat menyebabkan dehidrasi. Itu terjadi ketika kamu kehilangan lebih banyak cairan dari seharusnya.

Penting untuk minum air yang cukup sebelum, selama, dan setelah sesi sauna. Itu akan membantu mengganti cairan tubuh yang hilang karena berkeringat.

Bagi mereka yang benar-benar ingin berkeringat dan menurunkan berat badan, ada kegiatan lain yang memiliki kedua efek tersebut.

Kamu bisa memilih olahraga, seperti HIIT dan latihan kekuatan. Selama berolahraga, tubuh akan meningkatkan metabolisme, membuat otot lebih aktif, dan meningkatkan denyut jantung, yang selanjutnya dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

Baca juga: Agar Sukses Turunkan Berat Badan, Niat Saja Tak Cukup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com