Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sauna Punya Manfaat Kesehatan Sama Seperti Olahraga

Kompas.com - 16/10/2019, 06:57 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, sauna dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk relaksasi. Ternyata, sauna punya lebih banyak manfaat dari sekadar membuat santai dan mengeluarkan keringat.

Bahkan, banyak manfaat sauna yang sama dengan manfaat yang didapatkan dari berolahraga.

Temuan tersebut didapatkan dari sebuah kumpulan riset yang dipublikasikan di Mayo Clinic Proceedings di tahun lalu.

Ketika kita melakukan sauna tubuh memberi respons sama dengan ketika kita berolahraga. Denyut jantung juga meningkat hingga 120-150 bit per menit, temperatur tubuh meningkat, kita berkeringat, dan tubuh mendapatkan hormon-hormon seperti noradrenaline dan hormon pertumbuhan.

Sejumlah respons tersebut akan berdampak pada perubahan fisik kita, di mana kita bisa melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis.

Menurut riset, semakin sering seseorang mengunjungi sauna maka risiko penyakit jantung fatal dan kematian secara umum akan lebih rendah.

Baca juga: Benarkah Sauna Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Mereka yang mengunjungi sauna setidaknya empat kali seminggu memiliki penurunan risiko demensia hingga 66 persen lebih tinggi daripada mereka yang hanya datang sekali seminggu.

Sauna secara rutin juga bisa membantu mengurangi peradangan dan sakit pada penderita arthritis.

Lebih jauh, sauna bisa memberi manfaat yang lebih besar ketika seseorang sudah berolahraga. Para peneliti menyimpulkan, kombinasi tingkat kebugaran yang baik dari latihan aerobik rutin digabungkan dengan mandi sauna bisa meningkatkan ketahanan kardiovaskular.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com