Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2019, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Perjalanan ke luar negeri bukan cuma membutuhkan tiket pesawat dan biaya akomodasi. Kita juga wajib melakukan vaksinasi tertentu yang disyaratkan oleh negara tujuan atau dikenal dengan istilah vaksinasi internasional.

Vaksinasi tersebut juga diperlukan agar setelah kembali ke tanah air tidak membawa suatu virus penyakit yang mungkin menular dan menjadi wabah di Indonesia.

Salah satu jenis vaksin yang umum dilakukan adalah sebelum melakukan perjalanan Umrah atau Haji, dan sudah diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan RI, yaitu vaksin meningitis dan influenza.

Vaksinasi internasional lainnya adalah pneumonia, yellow fever, atau pun polio OPV.

Vaksinasi tersebut bisa didapatkan di rumah sakit yang sudah mendapat ijin dari Kemenkes. Layanan kesehatan yang baru saja mendapatkan ijin adalah rumah sakit Pelni Jakarta.

Kepala Rumah Sakit Pelni Dr. Dewi Fankhuningdyah F, MPH mengatakan, layanan terbaru ini dapat membantu masyarakat khususnya yang berada di area Jakarta untuk mendapat pilihan tambahan.

“RS Pelni selain memberikan vaksin juga menerbitkan buku vaksin internasional,” kata Dewi dalam siaran pers.

Dalam rangka pembukaan perdana Layanan Vaksin Internasional ini, RS Pelni melalui Klinik Medical Check Up Sakura memberikan harga khusus biaya vaksin combo Meningitis dan Influenza sebesar Rp 390.000.

RS Pelni Jakarta kini melayani vaksinasi internasional.Dok RS Pelni RS Pelni Jakarta kini melayani vaksinasi internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com