Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulit Wajah Mengelupas Bikin Kesal? Atasi Dengan Cara Ini

Kompas.com - 23/10/2019, 16:21 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kulit wajah mengelupas, tidak hanya mengganggu penampilan namun juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis. Kondisi ini juga akan menyulitkan mereka yang perlu menggunakan make up untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Sebab, menggunakan make up disaat kulit wajah sedang mengelupas, justru akan memperparah kondisi tersebut. Agar bisa terhindar dari masalah akibat kulit wajah yang mengelupas, berikut ini langkah-langkah untuk mengatasinya.

Perawatan untuk kulit wajah yang mengelupas ada beragam, mulai dari yang dapat dilakukan sendiri di rumah, hingga pemberian obat oleh dokter. Berikut ini penjelasannya.

1. Gunakan pelembap wajah

Menggunakan pelembap atau moisturizer setelah mencuci muka, dapat mengunci kelembapan kulit. Cara ini, dapat membantu menghilangkan pengelupasan kulit yang disebabkan oleh kulit kering. Pilih produk yang tidak mengandung parfum maupun minyak.

2. Oleskan gel lidah buaya

Lidah buaya dapat meredakan peradangan di kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan membantu menenangkan kulit yang teriritasi.

Jika kulit wajah mengelupas karena matahari, sebaiknya kamu menghindari bepergian ke luar ruangan terlalu sering, selama masa penyembuhan.

3. Jangan lewatkan penggunaan sunscreen

Menggunakan sunscreen dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, sekaligus menghambat keparahan kondisi tersebut. Sunscreen juga dapat mencegah munculnya gejala penyakit kulit, seperti rosacea.

Gunakan sunscreen yang tahan air, dan berspektrum luas. Pilih juga sunscreen yang memiliki SPF 30 ke atas.

4. Pilih produk perawatan wajah yang tepat

Memilih produk perawatan yang tepat, juga penting untuk mengatasi kulit wajah mengelupas. Pilih pembersih wajah yang tidak mengandung sabun dan berbahan ringan.

Hindari penggunaan sabun muka antibakteri atau yang mengandung parfum, karena akan membuat semakin kering. Selain itu, hindari pula produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, asam alfa hidroksid, dan benzoil peroksida.

5. Rutin lakukan pengelupasan sel kulit mati

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com