Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur untuk Selesaikan Masalah, Bagaimana Penjelasan Ilmiahnya?

Kompas.com - 23/10/2019, 20:29 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tidur adalah kebutuhan manusia. Tanpa tidur, manusia tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan bertenaga. Manfaat tidur juga banyak, seperti memperbaiki suasana hati, meningkatkan kinerja otak, sampai menjaga jantung yang lebih sehat.

Ternyata, ada satu lagi manfaat tidur yang sangat tak terduga, yakni memudahkan kita menyelesaikan masalah dalam hidup. Seperti apa penjelasan ilmiahnya?

Tidak jarang yang berharap bahwa tidur bisa menyelesaikan masalah. Ternyata, itu bukan sekadar harapan belaka. Ada penjelasan ilmiah dari sebuah penelitian, yang menjabarkan mekanisme tidur dalam membantu kita menyelesaikan masalah lebih mudah.

Jika merasa sulit untuk menyelesaikan masalah saat kerja atau kuliah, tidur nyenyak bisa membantu mencari cara yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut, ketika terbangun.

Baca juga: Tidur Cukup, Kunci Anak Sukses Akademik

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Universitas Lancaster, Inggris, melibatkan empat grup responden. Masing-masing grup diminta menyelesaikan teka-teki tertentu. Setengah dari teka-teki itu memiliki tingkat kesulitan mudah, namun setengahnya lagi sulit.

Grup pertama diberikan teka-teki pada malam hari dan mencoba memecahkannya ketika terbangun di pagi hari.

Grup kedua memahami teka-teki itu pada pagi hari, dan menyelesaikannya pada malam hari. Grup ketiga langsung coba menyelesaikan teka-teki itu di pagi hari tanpa ada jeda waktu.

Sementara itu grup keempat, langsung memecahkan teka-teki tersebut seketika itu juga, di malam hari.

Grup mana yang mampu memecahkan teka-teki dengan hasil terbaik?

Setelah melakukan percobaan, para peneliti akhirnya menyimpulkan, grup kedua mencatatkan hasil paling efektif. Namun, dalam memecahkan masalah yang sulit, grup pertama yang tidur dulu sebelum menyelesaikan masalah dan memecahkannya di pagi hari, lebih mampu menghasilkan jawaban teka-teki terbaik.

Hal ini menunjukkan, dengan manfaat tidur, para partisipan mendapatkan waktu berpikir di dalam tidurnya. Sehingga, otak mereka mampu menyelesaikan masalah sulit lebih baik di pagi hari.

Baca juga: Posisi Tidur Miring ke Samping Terbukti Baik untuk Kesehatan Otak

Penelitian ini mampu memberikan penjelasan mengenai cara meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Jika memang kita dihadapkan dengan masalah yang sulit, jangan terburu-buru dalam menyelesaikannya. Sebaiknya, istirahatkan badan dan pikiran dengan tidur, dan kembali lagi keesokan harinya dengan “persiapan” lebih baik.

Ini menjadi bukti, bahkan ketika sedang beristirahat atau tidur, otak tetap mampu meraih hal-hal baik, yang berdampak positif pada kita.

Apa yang terjadi pada otak saat tidur?

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com