Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Menemukan Skin Care yang Tepat dengan Pengecekan Genetik

Kompas.com - 25/10/2019, 09:13 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang memiliki pengalaman menggunakan produk perawatan kulit yang berbeda. Sebagian orang bisa dengan mudah cocok dengan produk di pasaran, namun sebagian lainnya sangat sulit menemukan produk yang tepat.

Proses 'trial and error' yang dilakukan pun terkadang masih belum mampu membantu mereka menemukan produk perawatan yang cocok dengan kulit mereka.

Tak jarang pula yang mengalami masalah kulit ketika mencoba produk di pasaran, sehingga pada akhirnya mereka perlu meminta bantuan dokter kulit untuk mengatasi masalahnya.

Bantuan untuk mengidentifikasi jenis kulit sebetulnya bisa dilakukan di beberapa tempat, seperti melalui klinik kecantikan atau perawatan berbasis teknologi.

Inovasi ERHA Smart Skin Solution pun dihadirkan, terutama bagi masyarakat yang ingin mengetahui kebutuhan spesifik kulit mereka secara mandiri.

Dengan sistem pintar berbasis artificial intelligence (AI) dan DNA, inovasi ini diklaim bisa menentukan produk personalisasi yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan setiap individu dengan lebih akurat.

Peluncuran ERHA.DNA di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (24/10/2019).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Peluncuran ERHA.DNA di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (24/10/2019).
Head of ERHA.DNA, dr. Devina Nova Estikaratri menjelaskan ada tiga rangkaian sistem terpadu dari inovasi smart skin solution ini, yaitu:

1. Smart assistant

Aplikasi ponsel untuk membantu mengidentifikasi jenis kulit, memantau perkembangan kondisi kulit dan memberikan informasi bersifat interaktif sesuai karakter kulit.

Pada tahap awal, pengguna akan diminta mengisi data diri terlebih dahulu, kemudian mengisi kuisioner tentang kondisi kulit.

2. Smart innovation

Pengguna diimbau memiliki ERHA.DNA Test Kit sebagai alat pintar yang terdiri dari DNA Swab (untuk memeriksa genetik kulit), Moisture Tester (untuk mengetahui kelembapan kulit) dan Skin Lens (untuk mengetahui kondisi pori-pori).

3. Smart treatment

Swab nantinya akan dijemput oleh driver dan hasilnya diperiksakan ke laboratorium. Setelah itu, barulah pengguna mendapatkan rangkaian produk yang sesuai dengan jenis kulit dan genetiknya.

Rangkaian produk perawatan terdiri dari cleanser, day cream, sunscreen, essence, dan night cream. Selain membantu menemukan produk yang tepat, ERHA.DNA mobile app juga membantu memberikan rekomendasi gaya hidup bagi penggunanya.

Pengguna disarankan untuk rutin memeriksakan kondisi kulit demi hasil yang lebih maksimal.

"Kalau sekarang mungkin pakai skin care hanya dengan mengira-ngira, tapi dengan ini menjadi scientific dan evidence based, data kemudian diolah AI untuk analisa yang terintegrasi," kata Business Innovation Senior Manager Derma Global Ventura, Andreas Antoninus.

Jika kamu berminat mencoba, ERHA.DNA Test Kit dibanderol dengan harga Rp 1,5 juta, sedangkan paket test kit dan skin care Rp 2,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com