Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2019, 08:50 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

Bagi sebagian orang, keindahan tubuh menjadi hal yang sangat penting. Ketika ada lemak yang bisa "merusak" bentuk tubuh, berbagai cara pun dilakukan, termasuk sedot lemak.

Nah, apakah sedot lemak merupakan prosedur yang benar-benar aman? Atau ada risikonya? Sebenarnya, apa saja bahaya sedot lemak?

Sebelum membahas bahaya sedot lemak, ada baiknya kita mengetahui seluk beluk sedot lemak. Bagaimana lemak dalam tubuh bisa "dihilangkan" dengan menyedotnya dari luar tubuh?

Dalam dunia medis, sedot lemak memiliki banyak sebutan, seperti lipoplasti, lipektomi atau lipo. Sedot lemak ialah jenis operasi kecantikan yang memecah dan “menghisap” lemak dari tubuh.

Baca juga: Hasil Sedot Lemak Bisa Permanen, Asal...

Biasanya, lemak yang sering disedot berada di bagian perut, paha, bokong, leher, dagu, lengan atas dan belakang, betis hingga punggung.

Lemak dikeluarkan dengan sebuah alat bernama kanula, yang dimasukkan ke dalam kulit. Kemudian, vakum berkekuatan tinggi pun dinyalakan lewat kanula itu.

Tidak main-main, harga dari operasi sedot lemak berkisar dari Rp 28 juta hingga Rp 49 juta. Di Amerika Serikat saja, sekitar 300 ribu operasi sedot lemak dilakukan setiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa sudah banyak rumah sakit dan tenaga medis yang ahli dalam melakukan prosedurnya.

Sebenarnya, apa saja risiko sedot lemak bagi kesehatan tubuh?

1. Kulit kendur

Kulit bisa terlihat bergelombang atau layu jika pembuangan lemak tidak merata. Selain itu, elastisitas kulit bisa menjadi buruk.

Yang ditakutkan, perubahan pada kulit akibat bahaya sedot lemak ini bisa bersifat permanen. Tidak hanya itu, kerusakan di bawah kulit juga bisa muncul. Hasilnya, akan ada bekas permanen yang bisa terlihat.

2. Timbulnya kantong cairan

Bahaya sedot lemak lainnya ialah timbulnya kantong cairan (seroma) yang bersifat sementara. Seroma bisa terbentuk di bawah kulit. Akibatnya, jarum harus dimasukkan untuk mengeringkan cairan ini.

3. Mati rasa

Mati rasa bisa saja timbul di bagian yang terdampak dari bahaya sedot lemak. Bahkan, selain bersifat sementara, mati rasa ini bisa terjadi permanen.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com