Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galang Dana, Lelaki Ini Bukukan Rekor 5.010 Burpee dalam 12 Jam

Kompas.com - 31/10/2019, 20:37 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber UPI

KOMPAS.com - Mike Berean, seorang praktisi bela diri di Michigan, Amerika Serikat menyelesaikan 5.010 burpee, dalam waktu 12 jam.

Bagi para pelaku olahraga interval intensitas tinggi (HIIT), burpee merupakan salah satu gerakan "andalan" dalam menu kardio, dan tergolong yang paling melelahkan.

Baca juga: Dunia Fitnes : Program Latihan Burpee Challenge

Melakukan gerakan ini diawali dari posisi berdiri, lalu menjatuhkan tubuh dengan kedua tangan ke depan hingga berada pada posisi push up.

Selanjutnya, dari posisi push up, kedua kaki didorong ke arah tangan, dan seketika di sambung dengan gerakan melompat tinggi.

Mike Berean yang berasal dari Brighton rata-rata membukukan 500 burpee setiap jam, dalam usaha pencatatan rekornya di Krav Maga Great Lakes di Wixom.

Upaya pencatatan rekor yang dilakukan Berean ini ditujukan demi penggalangan dana untuk riset tentang kanker payudara

Hal ini dia lakukan sebagai penghormatan untuk rekannya, Marni Levine, yang meninggal dunia akibat penyakit ini 13 tahun lalu.

Baca juga: Menemukan Kanker Payudara Sedini Mungkin

Angka yang harus dia pecahkan adalah 4.689 burpee yang dicatatkan oleh rekannya sesama warga Michigan, Bryan Abell pada Juli lalu.

"Dia mengakhirinya dengan catatan 5.010 burpee, jadi dia dia jelas telah memecahkan rekor itu," kata Dori Berean, istri Mike Berean kepada The Detroit News.

"Kami berhasil mengumpulkan dana hingga 7.200 dollar AS -atau sekitar Rp 101 juta, di bawah tajuk 'Marni Fund'."

"Dan jumlah ini masih akan terus bertambah, karena kami masih menerima donasi hingga akhir bulan ini," kata Dori Berean.

Berean pun mengaku sudah mengirimkan bukti pendukung yang disyaratkan untuk mencatatkan secara resmi rekor ini ke dalam buku Guinness World Records.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber UPI


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com