Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Lansia Gampang Mengantuk dan Sering Tidur

Kompas.com - 11/11/2019, 17:45 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Jika kita perhatikan, orang lanjut usia (lansia) terlihat sering tidur atau jika tidak tertidur ia tampak lesu dan sering menguap di siang hari.

Rasa kantuk berlebih pada lansia bisa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu masalah kejiwaan dan kesehatan fisik.

Menurut penjelasan Dr. dr Purwita Wijaya Laksmi, Sp.PD-KGer, masalah mental yang bisa mendasari rasa kantuk berlebih itu misalnya karena depresi.

"Mungkin lansia itu depresi jadi malas untuk melakukan aktivitas dan lebih memilih untuk tidur," kata Purwita yang ditemui di sela acara talkshow Hidupkan Mimpi yang Tertunda yang diadakan oleh Nestle Boost Optimum di Jakarta (11/11).

Dr. dr Purwita Wijaya Laksmi, Sp.PD-KGer.Renna Yavin Dr. dr Purwita Wijaya Laksmi, Sp.PD-KGer.
Sementara itu, untuk masalah fisik biasanya karena lansia sudah memiliki berbagai gangguan kesehatan seperti kurang darah atau kadar gula darah tinggi.

"Ada istilahnya kerentaan yang membuat lansia lebih cepat lelah karena proses menuanya itu sendiri atau karena penyakit jantung,” ungkap Purwita.

Ketika orang bertambah tua, mereka rentan memiliki penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, insomnia, atau pun nyeri kronik. Terkadang, penyakit ini membuat mereka sulit tidur nyenyak di malam hari, sehingga kompensasinya akan mengantuk saat siang.

Pada beberapa kasus, durasi tidur yang panjang ini dapat mengindikasikan penurunan kesehatannya.

Untuk menghilangkan rasa kantuk berlebihan harus disesuaikan dengan penyebabnya.

“Jika memang benar karena faktor psikologis, keluarga bisa melakukan pendekatan kepada lansia untuk mencari akar permasalah dari depresi. Selain itu juga, keluarga dapat membuat suasana rumah lebih ramah dan bahagia lagi,” ungkap Purwita.

Baca juga: Tips Bugar Lansia, yang Anak Muda Perlu Bersiap Juga

Ia menambahkan, kebanyakan lansia baru menunggu akhir pekan untuk bisa berkumpul dengan keluarganya. Hal ini bisa membuat mereka kesepian dan tidak bahagia.

Untuk pemicu kantuk yang berasal dari faktor fisik, mungkin akibat terlalu banyak melakukan aktivitas sehingga membuat dia cepat lelah dan mudah mengantuk.

Karena penyebabnya yang beragam, Purwita menyarankan untuk membawa lansia berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan solusinya. (Renna Yavin)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com