Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2019, 07:10 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Orang dewasa disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) setahun sekali untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan yang belum terdeteksi. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa tanda umum yang bisa menjadi petunjuk sehat tidaknya tubuh kita.

Pada perempuan dewasa, setidaknya 10 tanda ini dimiliki oleh mereka yang tubuhnya sehat.

1. Siklus haid teratur
Siklus haid yang teratur (dengan interval 27-35 hari) merupakan tanda organ reproduksi yang sehat. Ini menunjukkan ovulasi yang normal dan keseimbangan hormonal dari otak ke ovarium.

Perempuan yang tidak sehat karena mereka kegemukan atau terlalu kurus cenderung mengalami menstruasi tidak teratur.

2. Rambut tebal dan kuku kuat
Rambut yang tebal dan kuat, serta kuku yang cepat tumbuh dan tidak gampang patah juga merupakan tanda kesehatan yang baik. Sebaliknya, rambut yang tipis, kuku rapuh merupakan tanda kekurangan nutrisi seperti zat besi, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya.

3. Berenergi
Bila kita bangun pagi dengan perasaan segar dan siap menghadapi hari, berarti kita memiliki energi yang cukup. Kebanyakan orang yang sedang sakit atau kekurangan vitamin akan merasa lelah, kurang berenergi, dan mengantuk.

4. Jarang sakit kepala
Semua orang tentu pernah sakit kepala. Ini merupakan efek dari stres atau otot yang tegang dan sebenarnya hal yang normal. Pada orang yang sehat, sakit kepala akan berlangsung sebentar.

Sakit kepala atau migraine yang sering merupakan sesuatu yang tidak normal. Jika obat-obatan tidak lagi mempan untuk mengatasinya, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Baca juga: Jangan Remehkan Sakit Kepala yang Makin Berat

5. Napas segar
Bau mulut tidak hanya terkait dengan kesehatan gigi tapi merupakan petunjuk kesehatan secara umum, karena sistem kekebalan tubuh juga berada di usus. Napas yang segar merupakan indikasi dari mikroba usus yang seimbang. Sementara bau mulut bisa menandakan ada penyakit tersembunyi, misalnya saja diabetes, reflux, atau gangguan ginjal.

6. Kulit tampak sehat
Kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia. Kondisi kulit wajah dan leher bukan cuma menggambarkan ciri genetik seseorang tapi juga kesehatannya dan pengaruh lingkungan.

IlustrasiThinkstock Ilustrasi

7. Mata jernih
Mata bukan cuma jendela jiwa, tapi juga kesehatan tubuh. Orang yang kurang istirahat, sedih, dan depresi, juga bisa terlihat dari matanya. Mata yang terlihat jernih menunjukkan tidak adanya penyakit tersembunyi.

8. Prosentase lemak normal
Makin tinggi prosentase lemak tubuh, berarti tubuh kita lebih banyak menumpuk jaringan lemak dibanding otot.

Lemak tubuh berpengaruh pada metabolisme, gula darah, pergerakan tubuh, serta kesejahteraan mental.

9. Tidak berjerawat
Jerawat pada orang dewasa menandakan gangguna hormonal. Biasanya timbul karena adanya sindrom polisistik ovarium (PCOS) yang juga ditandai dengan haid tidak teratur, banyak rambut di wajah, dan susah hamil.

10. Nyeri haid ringan
Haid memang kondisi yang tidak menyenangkan, tetapi seharusnya tidak menyakitkan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri haid yang berat bisa menandakan ada endometriosis dan seharusnya jangan diabaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com