Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2019, 11:15 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – The Duke and Duchess of Sussex tahun ini tak akan merayakan Natal bersama Ratu Elizabeth di Sandringham karena memilih memperpanjang masa berlibur ke Los Angeles, Amerika.

Harry, Meghan, dan bayi Archie, berencana menghabiskan liburan bersama ibu Meghan, Doria Ragland.

“Duke and Duchess of Sussex berharap memperpanjang waktu keluarga mereka menjelang akhir bulan ini. Setelah menghabiskan dua Natal terakhir di Sandringham, Yang Mulia akan menghabiskan liburan akhir tahun ini, sebagai keluarga baru, dengan ibu sang Duchess, Doria Ragland,” kata juru bicara the Sussexes.

Ditambahkan pula, keputusan itu sejalan dengan preseden yang ditetapkan sebelumnya oleh anggota lain dari keluarga kerajaan dan mendapat dukungan dari Ratu.

Setiap Natal, Meghan dan Harry selalu merayakannya di Sandringham dengan seluruh anggota keluarga bangsawan. Ratu bahkan pernah melanggar protokol kerajaan dengan mengundang Meghan di tahun 2017, sebelum ia menikah dengan Harry.

Baca juga: Hidangan Khas Natal keluarga Kerajaan Inggris

Sebenarnya bukan hal baru jika anggota keluarga bangsawan Inggris merayakan Natal di tempat lain. Sebelumnya, Kate Middleton dan Pangeran William juga lebih sering merayakan Natal bersama keluarga Middleton.

Komentator kerajaan, Richard Fitzwilliams mengatakan kepada Insider, bahwa keputusan untuk memperpanjang masa kunjungan di Amerika di luar rencana bisa diartikan bahwa keluarga Harry dan Meghan ingin “memiliki identitas terpisah” di luar keluarga kerajaan.

Sebelumnya memang ada rumor bahwa pasangan bangsawan itu akan membeli rumah kedua di Los Angeles agar dekat dengan ibu Meghan. Jika pasangan ini akan pindah, maka mereka harus melepaskan gelar bangsawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com