Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2019, 19:38 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Masyarakat Indonesia yang bhineka membutuhkan perilaku inklusif dari tiap warganya, tak terkecuali wanita. Peran wanita sangat besar untuk menumbuhkan sikap tersebut, terutama lewat pola asuh terhadap anak serta pendidikan di sekolah.

Tema peran inklusif wanita Indonesia di tengah keberagaman menjadi tema besar Indonesian Women’s Forum (IWF) 2019, sebuah ajang pertemuan berjejaring wanita bekerja dan wirausaha.

Inklusif bisa diartikan sebagai menempatkan dirinya ke dalam cara pandang orang lain atau kelompok lain dalam melihat dunia.

IWF tahun ini bertajuk Inclusive and Impactful Leader akan diadakan selama dua hari, 21 dan 22 November 2019 di Gandaria City Hall Jakarta dengan menargetkan kehadiran 2.500 wanita.

“Keberagaman adalah berkah, bisa jadi kekuatan luar biasa, tapi juga bisa berbahaya jika orang hanya melihat perbedaan dari orang di sekitarnya,” kata Ketua Penyelenggara IWF, Petty S.Fatimah, dalam konferensi pers di Jakarta (20/11).

Ia mengatakan, dalam IWF tahun ini, para wanita diajak untuk ikut ambil bagian, menjadi agen perubahan untuk mendorong nilai-nilai inklusif dalam keluarga, lingkungan kerja, dan sosialnya.

Petty menjelaskan, acara akan dimulai dengan konferensi yang menghadirkan para pembicara dari pucuk pimpinan perusahaan, termasuk Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah sebagai keynote speaker.

Dunia kerja yang kian terbuka, menggabungkan tim kerja dengan latar belakang yang berbeda membutuhkan pimpinan yang inklusif. Karena itu IWF juga mengundang pemimpin wanita di perusahaan yang menerapkan sikap inklusif dalam organisasinya untuk membagikan pengalamannya.

Beberapa di antaranya adalah Niharika Yadav, Direktur Utama AXA Financial Indonesia, Elvera N.Makki, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, dan Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Indonesia.

Dalam acara selama dua hari itu juga tersedia kelas-kelas masterclass dengan para pembicara dan praktisi hebat dengan tiga tema besar, yaitu profesional skill (dari leadership hingga bisnis), personal skill (dari parenting hingga beauty class), dan lifestyle (dari perlindungan data pribadi hingga wellbeing).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com