Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2019, 17:18 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Munculnya jerawat di sekitar muka dan bagian tubuh lainnya tentu menjengkelkan. Namun, jerawat adalah kondisi medis umum yang hampir dirasakan oleh setiap orang.

Selain krim dan produk kecantikan, banyak orang yang percaya, baking soda mampu mempercepat proses menghilangkan jerawat. Apakah benar, baking soda untuk jerawat, aman dan efektif?

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa baking soda mampu menghilangkan jerawat? Padahal, baking soda sering digunakan dalam proses pembuatan makanan.

Perlu diketahui, baking soda bisa bertindak sebagai anti-inflamasi dan antiseptik. Tidak heran, banyak orang yang percaya bahwa baking soda dapat digunakan untuk mengobati jerawat.

Jika kamu ingin mencoba penggunaan baking soda untuk jerawat, sebaiknya tidak melakukan metode ini setiap hari. Perlu diingat juga, jangan berlebihan menggunakan baking soda saat mengoleskannya ke kulit.

Baca juga: Rasakan, Manfaat Tak Terduga dari Baking Soda

Beberapa cara di bawah ini, bisa dicoba untuk melihat khasiat dari baking soda untuk jerawat:

Masker muka

Untuk membuat masker muka berbahan baking soda, campur saja satu sendok teh baking soda, dengan pembersih muka. Setelah itu, tambahkan sedikit air hangat.

Aduk hingga rata, kemudian oleskan pada area wajah yang terdampak dari jerawat. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Mengangkat sel kulit mati

Baking soda dipercaya bisa mengangkat sel kulit mati. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan pembersih muka, lalu oleskan kepada kulit yang berjerawat.

Berbeda dari metode sebelumnya, kamu harus langsung membasuhnya, sesaat setelah kulit dioleskan dengan resep ini.

Membersihkan wajah

Untuk membuat pembersih muka dengan baking soda, tambahkan 1-2 sendok teh baking soda, dengan sabun cuci muka. Oleskan ke muka, lalu basuh dengan air hangat.

Perlu diingat, karena baking soda bisa membuat kulit kering, ada baiknya setelah membasuh muka, langsung oleskan pelembap ke pada kulit wajah. Hal ini dilakukan agar menghindari kulit kering.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com