Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Board Game, Cara Asyik Melindungi Kemampuan Otak

Kompas.com - 27/11/2019, 20:04 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Board game atau papan permainan ternyata memiliki banyak fungsi. Selain untuk rileks dan media edukasi, board game ternyata juga bisa melindungi kemampuan otak menurun di usia lanjut.

Jenis board game yang paling terkenal di Indonesia barangkali Ular Tangga atau Monopoli. Namun, kini ada beragam permainan papan yang tak kalah menariknya dan bisa dimainkan bersama teman atau keluarga.

Menurut penelitian, gim non-digital seperti board game atau main kartu ini sangat bermanfaat untuk kemampuan otak. Bahkan, orang yang sering memainkannya memiliki kemampuan memori dan daya pikir yang lebih baik ketika mereka berusia lanjut.

Yang menarik, tak ada kata terlambat untuk menjaga kemampuan otak. Mereka yang baru bermain board game atau main kartu, ternyata tetap mendapatkan manfaatnya.

Tim peneliti dari Universitas Edinburgh menguji lebih dari 1000 orang berusia 70 tahun untuk mengetahui kemampuan mengingat, memecahkan masalah, kecepatan berpikir, dan kemampuan umum lainnya.

Hasilnya, ketika kemampuan otak mereka dites lagi 9 tahun kemudian, ternyata mereka yang sering main board game memiliki skor lebih baik.

Selain memainkan permainan non-digital, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi otak, misalnya saja tidak berlebihan konsumis alkohol, aktif bergerak, dan menjaga pola makan sehat.

Baca juga: 6 Cara Menenangkan Otak yang Sibuk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com