Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Kesehatan Mental, Bicaralah dengan Diri Sendiri

Kompas.com - 28/11/2019, 07:25 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita semua sebenarnya pernah berbicara pada diri sendiri, sekalipun dilakukan dalam hati, misalnya untuk memotivasi maupun mengutuk diri sendiri karena melakukan satu kesalahan

Sesekali, cobalah untuk bicara dengan diri dengan suara keras. 

Pada dasarnya, berbicara dengan suara keras adalah perpanjangan dari pembicaraan batin yang kita miliki dengan diri kita sendiri.

Walaupun berbicara kepada diri sendiri dengan keras mungkin membuat kita tampak agak aneh, namun hal itu sebetulnya membawa dampak positif terhadap kesehatan mental kita.

Yang terjadi ketika bicara pada diri sendiri

Mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran dapat membantu kita melepaskan pikiran dan fokus dengan cara yang lebih baik. Ketika kamu mengungkapkannya dengan keras, artinya kamu mulai memprioritaskan pekerjaanmu.

Lebih dari itu, artinya kamu juga mengambil kontrol atas perilaku dan mampu mengorganisir pikiran, ingatan dan rencana secara efektif.

Baca juga: 7 Mental Habit yang Menjauhkan Kebahagiaan

1. Membantu meraih target

Tidak seperti persepsi umum, bicara pada diri sendiri bukanlah tanda hilangnya kesehatan jiwa. 'Pep talk' alias kalimat singkat dengan diri sendiri serta mengulang afirmasi positif di depan kaca bisa sangat membantu kita dalam meraih target.

Inilah alasannya sejumlah atlet, khususnya pemain tenis, dikenal sering mengucapkan "ayo" dan "kamu bisa melakukannya" pada diri mereka sendiri saat menghadapi pertandingan krusial.

2. Lebih baik dalam memprioritaskan

Ketika kamu merasa jenuh dengan tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan, bicara pada diri sendiri bisa sangat membantu. Mengulang-ulang target pekerjaan dengan suara keras membantumu melakukan pekerjaan secara berurutan berdasarkan tingkat kepentingannya. Perhatianmu akan seluruhnya mengarah ke sana dan otakmu ingin agar pekerjaan itu selesai.

3. Menenangkan diri sendiri

Jika kamu bisa menghadapi situasi yang sangat sulit dengan tenang dan menyelesaikan proyek sesuai waktunya, berilah sedikit waktu untuk memuji diri sendiri. Ini adalah cara yang baik untuk memproses pikiranmu secara jernih dan memberikan diri sendiri pujian ketika diperlukan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com