Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, 12 Pasang Bayi Kembar "Lahir Bareng" di RS yang Sama

Kompas.com - 28/11/2019, 16:50 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Suasana Thanksgiving di sebuah rumah sakit di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat menjadi terasa lebih istimewa tahun ini.

Staf dan pasien dan para keluarga di RS Saint Luke secara kebetulan mendapatkan 12 pasang bayi kembar di waktu yang berdekatan.

Thanksgiving adalah hari libur nasional yang dirayakan di Amerika Serikat, Kanada, serta pulau Karibia, dan Liberia, dan jatuh pada berbagai tanggal.

Awalnya, peringatan ini dimulai sebagai hari untuk mengucapkan syukur dan persembahan untuk hasil panen.

Perayaan semacam ini pun dikenal di Jerman dan Jepang.

Baca juga: Risiko Kehamilan Bayi Tabung Kembar

Nah, jika di Kanada perayaan ini diperingati Senin kedua di bulan Oktober, di AS Thanksgiving jatuh pada Kamis keempat di bulan November. Artinya, tahun ini ada di tanggal 28 November.

Tak hanya persis di tanggal tersebut, biasanya suasana menyambut datangnya Thanksgiving sudah terasa pada hari-hari sebelumnya.

Begitu pula dengan yang terjadi di RS Saint Luke. Pihak RS memercayai kelahiran 12 pasang bayi kembar di waktu yang berdekatan menjelang Thanksgiving adalah sebuah sejarah baru.

“Belum pernah ada di RS Saint Luke, kelahiran 12 pasang bayi kembar sekaligus," kata Kyla Anderson, seorang paramedis di RS itu seperti dikutip “Good Morning America.”

“Di RS ini ada suster yang sudah bekerja selama lebih dari 40 tahun, dan sepanjang yang mereka ingat belum pernah ada kelahiran 12 bayi kembar di waktu yang bersamaan."

Baca juga: Menyusui Anak Kembar, Ini 4 Hal yang Harus Anda Ketahui

Seluruh bayi kembar tersebut lahir 5-14 minggu sebelum waktunya. Sehingga kini, bayi-bayi itu masih menjalani perawatan intensif di NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

Orangtua dari bayi-bayi itu -termasuk Whitney dan Brian Riley dari Liberty, Missouri, terlihat sudah "nempel" dengan bayi-bayi mereka. Bahkan, mereka kerap berbagi pengalaman dengan keluarga lainnya.

Keluarga Riley mendapat bayi kembar, yang diberi nama Camden Parker Riley dan Callie Ann Riley pada 5 November 2019.

“Para orangtua masih bersama kami di sini. Mereka berusaha memelajari langkah lanjutan apa yang harus mereka lakukan," kata Brian Riley.

Riley membayangkan, mungkin akan menjadi suatu hal yang istimewa jika 12 pasang bayi kembar itu akan terus saling berhubungan di hidup mereka. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com