Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahnya Mensterilkan Perlengkapan Bayi dengan "Cahaya Matahari"

Kompas.com - 29/11/2019, 11:22 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Ibu-ibu yang memiliki bayi pastilah peduli dengan kebersihan alat-alat yang dipakai bayinya. Tak heran para ibu pasti akrab dengan kegiatan membersihkan perlengkapan bayi agar steril.

Agar bebas kuman, jaman dulu, ibu-ibu menggunakan uap atau merebus botol-botol susu sehingga kuman dan bakteri mati. Namun cara itu seringkali dianggap kurang praktis dan memakan waktu.

Nah, seiring berkembangnya teknologi, muncul alat-alat sterilizer yang sangat mudah digunakan dan memberi hasil jauh lebih bersih. Salah satunya adalah sterilizer yang menggunakan cahaya ultraviolet (UV), seperti yang dikeluarkan brand 59S.

Sterilisasi dengan sinar UV sendiri merupakan metode sterilisasi tanpa bahan kimia yang digunakan di rumah sakit dan aktivitas luar angkasa selama beberapa dekade.

Cahaya UV serupa dengan yang dipancarkan matahari itu bisa dengan efektif membunuh kuman, namun tidak merusak alat atau perlengkapan bayi.

Teknologi itu kemudian diadopsi dalam sterilizer 59S dan bentuknya dibuat beragam, mulai dari box, mini box, lid, hingga mommy bag, sehingga mudah dibawa-bawa dan praktis.

Dalam box 59S, LED ultraviolet ditanamkan bagian dalamnya untuk memberi pancaran menyeluruh sehingga efektif membunuh kuman hanya dalam hitungan detik, dan tidak bising karena kita seolah hanya menyalakan lampu saja.

Adapun LED UV yang dipakai menghasilkan cahaya UVC secara khusus dengan mengambil panjang gelombang antara 260-280 nm. Sinar UVC ini mampu membunuh kuman dan bakteri hingga 99,99% dengan cara menghancurkan DNA dan RNA mereka, dan mampu mengurangi aroma tidak sedap dengan mengurai molekulnya.

Dibanding sterilizer yang memanfaatkan uap, produk 59S relatif lebih nyaman dipakai karena tidak meninggalkan sisa uap panas pada perlengkapan bayi. Jadi ibu-ibu tidak perlu menunggu uap kering.

Salah satu produk 59S yang sempat dicoba Kompas Lifestyle adalah seri T5. Sterilizer berbentuk kotak ini menggunakan listrik atau baterai untuk pengoperasiannya.

Alat ini mudah digunakan, karena kita tinggal memasukkan perlengkapan yang akan disterilkan, seperti botol susu, perlengkapan makan bayi, pakaian, hingga mainan dan buah-buahan, lalu menyalakannya.

Alat akan bekerja selama 3 menit dengan memancarkan sinar UV untuk membunuh mikroba, dan barang-barang yang di dalamnya menjadi steril. Selain menghilangkan kuman, alat ini juga memiliki fungsi sebagai pengering dan penyimpan.

T5 berukuran 302 x 269 x 154mm dengan berat 1,8 kilogram, sehingga mudah dipindahkan. Namun selain seri ini, ada beberapa seri lain yang berukuran lebih kecil, atau berupa mangkuk dengan tutup LED, hingga serupa dengan tas.

Untuk harga, TNP Group selaku distributor tunggal 59S di Indonesia, memberikan harga Rp 499.000 untuk Mini Box UV LED Sterilizer, Rp 599.000 untuk Lid Sterilizer, Rp 1.390.000 untuk UVC LED Garment Sterilizing Bag, Rp 2.900.000 untuk varian Box Sterilizer Built in Battery, dan Rp 2.500.000 varian Box Sterilizer tanpa Battery serta Rp 1.800.000 untuk Mommy bag Sterilizer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com