Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2019, 12:34 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Beberapa bulan setelah dinobatkan sebagai manusia tertua yang masih hidup di Amerika Serikat, warga New York, Alelia Murphy, meninggal dalam usia 114 tahun.

Kematian Murphy diumumkan Rabu (27/11/2019) waktu setempat oleh United Healthcare Workers East -organisasi serikat yang sempat menghadiri perayaan ulang tahun permepuan itu pada 6 Juli lalu.

"Dengan rasa duka cita yang mendalam kami berbagi berita tentang meninggalnya Alelia Murphy."

"Sebelumnya, Murphy adalah warga AS tertua yang masih hidup. Dia sempat merayakan ulang tahunnya yang ke 114 pada bulan Juli lalu dengan, dikelilingi keluarga, teman, tokoh masyarakat, dan juga kami anggota kaukus AFRAM."

Demikian bunyi pernyataan yang dipublikasikan kelompok tersebut melalui akun Facebook.

Baca juga: Anne Lorimor, Nenek 89 Tahun Pendaki Tertua Puncak Kilimanjaro

Capaian bersejarahnya dirayakan bersama keluarga dan teman-temannya, serta diverifikasi oleh Gerontology Research Group (GRG), sebuah basis data yang mencatat manusia tertua di dunia.

Di pesta ulang tahunnya, yang diadakan di Harlem State Office Building di New York, Murphy memberikan petuah saat ditanya soal rahasia hidup panjang umur.

"Perlakukan orang lain dengan benar," kata dia kala itu.

Murphy lahir di North Carolina, 6 Juli 1905 -hanya beberapa tahun sebelum mobil Model T pertama diperkenalkan oleh Henry Ford pada tahun 1908.

Baca juga: Menarik, Orang-orang Tertua di Dunia Mungkin Sebenarnya Tak Setua Itu

Putri Murphy, Rose Green, mengatakan ibunya tumbuh besar di era hak-hak pra-sipil, hingga harus minum dari sumber air yang terpisah, atau pun masuk ke toko-toko dan restoran melalui pintu belakang.

Selama hidupnya, Murphy sempat menjalani beberapa pekerjaan, mulai dari bekerja di pabrik topi hingga menjual produk kosmetik.

"Dia selalu mengajari saya untuk terus maju, apa pun yang terjadi," ujar putri Murphy, Rose Green dalam sebuah wawancara dengan ABC News, Juli lalu.

Pengganti Alelia Murphy

Kini, kematian Murphy telah diverifikasi dan didaftarkan oleh GRG.

Sebagai gantinya, GRG kini mendaftarkan warga North Carolina, Hester Ford sebagai orang tertua yang masih hidup di AS dengan usia 114 tahun dan 105 hari.

Baca juga: Ini Dia, Rahasia Panjang Umur Wanita Tertua di Dunia

Nama Ford ditambahkan ke dalam daftar supercentenarian Living yang divalidasi pada tahun 2017 lalu.

Selanjutnya, prosesi pemakaman Murphy akan digelar pada 6 Desember 2019 di United House of Prayer for All People di Harlem, New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com