Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2019, 19:24 WIB
Putra Prima Perdana,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Apakah persamaan Fila dengan Vespa? Ya, keduanya ternyata adalah brand asal Italia. Nah, berbekal modal sama-sama memiliki DNA Italia itulah, keduanya berkolaborasi.

Uniknya, peluncuran kolaborasi Fila x Vespa ini dilakukan di Fila Store Paris Van Java, Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Sabtu (7/12/2019). Hari ini pun secara serentak produk-produk Fila x Vespa sudah bisa didapatkan di store Fila seluruh Indonesia.

Direktur Fila Indonesia Adryanto Hidajat mengatakan, niat Fila untuk berkolaborasi dengan brand Vespa sudah terbersit sejak 10 tahun lalu.

"Waktu founder PT Polyfilatex pak William mengunjungi Fila museum di Biella Italia. Di dalam museum ternyata ada Vespa. Dari situ timbul ide alangkah baiknya jika kita bisa kolaborasi. Jadi kolaborasi antara Fila dan Vespa ini butuh waktu panjang," ujar Adryanto, Sabtu sore.

Dengan beragam jenis produk kolaborasi Fila x Vespa seperti sepatu, jaket, kaos, tas dan aksesoris lainnya, Adryanto memastikan kedua brand akan sama sama diuntungkan. Bahkan, dengan latar belakang yang sama -sama berasal dari negeri pizza, chemistry yang timbul tidak begitu sulit.

"Chemistry bukan suatu hal yang sulit untuk ditimbulkan. Kita tahu dua brand ini berasal dari Italia, dan punya DNA yang kuat. Keduanya sangat fokus terhadap fashion dan lifestyle, jadi ini bukan suatu hal yang berbeda," ungkapnya.

Fila tidak hanya sekadar menempelkan logo dan emblem Vespa di setiap produk Fila x Vespa. Menurut Adryanto, dalam setiap desain khusus yang dibuat untuk edisi kolaborasi ini dijamin akan membuat pecinta Vespa kelihatan lebih stylish di atas tunggangannya.

"Kita tidak hanya menambahkan emblem Vespa saja. Bukan itu intinya. Kita desain yang menyesuaikan dengan lifestyle pemilik Vespa. Kita tahu pemilik Vespa itu orang yang sangat mengerti fashion. Mereka ingin terlihat looking good pada saat mengendarai Vespa," ungkapnya.

Fila X VespaKompas.com/Putra Prima Perdana Fila X Vespa
Meski merupakan kolaborasi dua brand yang populer, ternyata harga yang ditawarkan pada batch pertama Fila x Vespa ini terbilang cukup terjangkau.

Sepatu kets berbahan suede dari kulit contohnya, hanya dibanderol dengan harga Rp 960.000. Kemudian jaket dengan emblem Vespa dibanderol dengan harga Rp 800 ribuan.

William Arto Hardy, Founder PT Polyfilatex Indonesia, pemegang hak dagang brand Fila di Indonesia mengatakan, pihaknya tidak khawatir harga yang diterapkan dalam produk-produk kolaborasi membuat produk tersebut kehilangan gengsi.

"Kita sesuaikan dengan market Indonesia. Yang saya dengar, penjulan Vespa di seluruh dunia, Indonesia itu cukup dominan. Maka dari itu kenapa kita kolaborasi dengan Vespa dan kita mengetahui market Vespa seperti apa. Jadi kita sesuaikan price dan quality dengan market Indonesia," ungkap William.

William memastikan, desain yang dibuat oleh Fila juga mengikuti pasar Indonesia dengan ide serta persetujuan dari kedua belah pihak.

"Desain ini kita kemas dengan seni kreatifitas Indonesia. Setiap produk melalui proses desainer approval Fila dan Piagio. Setelah semua aproval baru boleh komersialisasi," akunya.

Dengan masa kontrak kerjasama kolaborasi hingga akhir tahun 2020, William optimistis jika Fila akan menjadi brand yang wajib dipakai setiap pemilik Vespa di Indonesia.

"Kita akan terus berimprovisasi dan terus mendengar keinginan user Vespa untuk kita kembangkan di kemudian hari," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com