Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 02/01/2023, 08:29 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Setiap orang yang pernah berjerawat pasti tahu betapa frustrasinya mencari obat jerawat yang cocok dan ampuh.

Jerawat memang bukan penyakit mematikan seperti kanker, tapi kehadirannya bisa mematikan kepercayaan diri, apalagi jika sampai muncul jerawat bruntusan di pipi.

Dalam dunia medis, jerawat bruntusan disebut sebagai closed comedones alias whitehead. Tipe jerawat seperti ini akan kasar ketika diraba, permukaannya tertutup, dan terlihat seperti biang keringat yang berwarna putih atau senada dengan kulit.

Jerawat bruntusan paling sering terjadi di kening, tapi tidak tertutup kemungkinan juga kita alami di pipi. Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat bruntusan di pipi ini?

Sebelum mencoba berbagai obat jerawat yang dijual bebas maupun rekomendasi dokter, tidak ada salahnya mencoba mengobati jerawat dengan cara alami. Berikut bahan-bahan alami yang dapat dicoba:

Uap panas

Memberi perawatan uap panas ke wajah dapat membuka pori-pori yang tersumbat. Sumbatan pada pori-pori memang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya whitehead.

Uap panas bisa didapatkan dari uap air panas, namun kita perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

Baca juga: Mandi Uap, Rahasia Kulit Cantik Para Wanita Korea

Cuka apel

Bahan alami ini bersifat asam sehingga dapat mengeringkan dan mengempiskan pori-pori. Kamu dapat mencampur 2 sendok makan cuka apel dengan 200 ml air hangat kemudian mengoleskan ke jerawat bruntusan di pipi.

Baca juga: Benarkah Sari Cuka Apel Bisa Bantu Atasi Jerawat?

Air lemon

Sama halnya dengan cuka apel, air perasan lemon dapat menghilangkan minyak wajah berlebih sekaligus mengatasi peradangan pada jerawat bruntusan di pipi. Campurkan air lemon dengan air hangat bila kulit terlalu sensitif.

Baca juga: Manfaat Air Lemon yang Jarang Diketahui

Tea tree oil

Tea tree oil dapat langsung Anda oleskan di area yang bruntusan, namun pastikan tangan bersih sebelum mengaplikasikannya ke wajah.

Baca juga: Dari Australia ke Kenya, Masker Tea Tree untuk Mengatasi Jerawat

Madu

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com