Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban Zozibini Tunzi yang Membuatnya Meraih Mahkota Miss Universe

Kompas.com - 10/12/2019, 08:20 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber BBC

KOMPAS.com - Puteri Afrika Selatan, Zozibini Tunzi resmi dianugerahi mahkota Miss Universe 2019. Banyak orang berpendapat gadis cantik dan cerdas ini memang layak mendapat gelar puteri sejagat.

Dalam malam puncak pemilihan Miss Universe yang menyisakan tiga finalis, yakni Afrika Selatan, Puerto Rico, dan Meksiko, Tunzi memberikan jawaban yang jujur dan berbeda pada topik yang ditanyakan juri.

Gadis berusia 26 tahun itu mendapat pertanyaan tentang apa yang harus diajarkan pada gadis remaja saat ini. Jawabannya adalah kepemimpinan.

“Itu adalah sesuatu yang kurang dimiliki remaja dan wanita untuk waktu yang sangat lama, bukan karena kami tidak mau, tetapi karena masyarakat yang telah memberi label,” katanya.

“Aku merasa kita, para wanita, adalah makhluk yang terkuat di dunia, dan kita seharusnya diberi setiap kesempatan. Hal ini lah yang seharusnya kita ajarkan pada remaja saat ini, untuk mengambil ruang,” lanjutnya.

Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan usai dinobatkan menjadi menjadi Miss Universe 2019 di Tyler Perry Studios, Atlanta, Georgia, 8 Desember 2019.AFP/GETTY IMAGES/PARAS GRIFFIN Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan usai dinobatkan menjadi menjadi Miss Universe 2019 di Tyler Perry Studios, Atlanta, Georgia, 8 Desember 2019.

Zozibini merupakan gadis kulit hitam yang memenangkan kompetisi ini sejak Leila Lopes di tahun 2011.

“Aku berharap setiap gadis kecil bisa melihat wajah mereka yang tercermin di diriku. Aku tumbuh di dunia di mana wanita dengan penampilan sepertiku, dengan kulit dan rambut seperti ini tidak pernah dianggap cantik. Ini harus dihentikan,” kata dia.

Zozibini merupakan seorang aktivis yang lantang menyuarakan hak dan persamaan perempuan.

Kampanye Zozibini sebagai Puteri Afrika Selatan juga termasuk bekerja sama dengan HeForShe, organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang direpresentasikan oleh selebriti seperti Emma Watson yang mengajak laki-laki untuk bersama perempuan menjunjung kesetaraan gender.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com