Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Memasukkan Kaki ke Mulut Berarti Pertanda Baik

Kompas.com - 14/12/2019, 12:18 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Banyak pertumbuhan dan perkembangan yang ditunjukkan oleh bayi. Selain menunjukkan bahwa bayi tumbuh sesuai usianya, juga ada sisi menggemaskan saat Si Kecil melakukan itu semua.

Seperti babbling dengan mulutnya yang kecil, bersendawa saat melakukan kontak mata langsung, atau memasukkan kaki mereka di mulutnya. Tapi yang paling terakhir memang nampak aneh. Mengapa bayi memasukkan kaki ke mulut?

1. Bagian dari pembelajaran

"Salah satu cara utama saat bayi belajar adalah dengan menggunakan mulut mereka. Ini adalah cara bayi untuk merasakan berbagai rasa dan sensasi," kata Elisabeth Oxenrider, Praktisi Perawat Neonatal di Pusat Medis Dokter di Modesto, California.

Elisabeth menjelaskan, saat bayi mulai bisa lebih banyak mengontrol tubuhnya dan memiliki kemampuan untuk memasukkan kaki ke mulut, bayi menyadari bahwa dia menemukan sesuatu yang baru dan menarik.

“Bagi beberapa bayi, tindakan mengisap jari kaki mereka mungkin menenangkan. Bagi yang lain itu adalah bentuk permainan yang menyenangkan,” tambahnya.

Menurut penelitian pada 2017 oleh Endocrine and Metabolic Disorders, mulut dipenuhi oleh ujung saraf yang membawa informasi sensorik ke otak.

Ketika bayi meletakkan tangan, kaki, atau bahkan mainan ke dalam mulut, dia sebenarnya mencoba untuk mencari tahu bagaimana benda itu terasa.

Alasan mengapa bayi memasukkan kaki ke mulut salah satunya adalah kaki merupakan mainan yang tidak pernah jauh, dan kadang-kadang satu-satunya pilihan untuk bayi yang tidak bisa bergerak untuk bermain.

Baca juga: Jangan Buru-buru Beri Makanan, Bayi Menangis Bukan Cuma karena Lapar

2. Bagian dari eksplorasi
"Sederhananya, bayi meletakkan kaki mereka di mulut mereka karena mereka bisa," ujar Ben Hoffman, M.D., dokter anak di OHSU Doernbecher Children's Hospital.

Menurut Ben, sekitar usia 3 bulan atau lebih, sebagian besar bayi dapat dengan sengaja memasukkan tangan ke mulut mereka, pada usia sekitar 6 bulan mereka menemukan kaki sebagai mainan barunya. Hal itu adalah cara bayi menjelajahi dunia adalah dengan mulut mereka.

“Karena mereka sangat fleksibel, mereka dapat dan akan meletakkan kaki di mulut mereka sebagai bagian dari eksplorasi," tambahnya.

Ada kemungkinan bahwa dengan merasakan tekstur non-cair, ketika bayi memasukkan kaki ke mulut, Si Kecil menjadi terbiasa dengan makanan padat.

Ini akan menjadi bagian dari persiapan bayi untuk makan. Pada usia 24 bulan, bayi harus memiliki pemahaman yang kuat bahwa hanya makanan yang boleh masuk ke mulut.

Baca juga: Ini Kata Dokter tentang Bahaya Pemberian Makanan Padat pada Bayi

3. Biasakan membersihkan kaki
Saat bayi memasukkan kaki ke mulut, yang dikhawatirkan adalah kuman-kuman yang ikut masuk ke dalam mulut.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com