Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ryan Kaji, Youtuber Cilik Terkaya dengan Penghasilan Rp 364 Miliar

Kompas.com - 20/12/2019, 17:14 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Bagi mereka yang memiliki anak atau keponakan berusia tahun, mungkin sudah sangat mengenak sosok bocah berusia delapan tahun, Ryan Kaji.

Ryan tak lain adalah Youtuber cilik yang sudah berkibar sejak beberapa tahun silam, dan di tahun 2019 mampu mencatatkan pemasukan hingga 26 juta dollar AS atau kira-kira Rp 364 miliar.

Capaian itu sekaligus menjadikan Ryan sebagai kreator konten dengan bayaran tertinggi, berdasarkan data yang dipublikasikan pada Rabu lalu oleh Forbes magazine.

Baca juga: Youtuber Ini Edit Foto Palsukan Liburan Keliling Eropa

Ryan, yang memiliki nama asli Ryan Guan, sebelumnya sudah mencatat kreator video dengan pemasukan terbesar pada tahun 2018 dengan capaian 22 juta dollar AS, atau kira-kira Rp 308 miliar, masih berdasarkan data Forbes.

Saluran Youtube "Ryan's World," diluncurkan pada tahun 2015 oleh orangtua Ryan masih terhitung baru, namun sudah mendatangkan 22,9 juta subscriber dari berbagai belahan dunia.

Saluran tersebut awalnya diberi nama "Ryan ToysReview" dengan sebagian besar konten berisi video "unboxing" - di mana Ryan membuka kotak mainan lalu mencoba memainkannya di muka kamera.

Capaian bocah ini memang luar biasa. Beberapa video mampu mengumpulkan lebih dari satu miliar tayangan.

Lalu, saluran tersebut -secara total, juga mendapatkan hampir 35 miliar tayangan sejak pertama kali diluncurkan. Demikian data yang dilansir situs web analytics Social Blade.

Baca juga: Tips Sederhana Jadi YouTuber Gaming ala Jess No Limit

Baru-baru ini, saluran tersebut diganti namanya setelah organisasi advokasi konsumen, Truth in Advertising, mengajukan keluhan kepada Komisi Perdagangan Federal AS (FTC).

Truth in Advertising menilai saluran tersebut tidak secara jelas menunjukkan video mana yang telah disponsori. 

Maksudnya, tak terlihat mana video yang tayang berdasarkan pesanan sponsor, di mana produsen harus membayar kepada pihak Ryan.

Di sisi lain, saluran ini juga berevolusi seiring bertambahnya usia Ryan. Sekarang, ada pula video yang menawarkan lebih banyak video pendidikan, selain mainan.

Dalam peringkat Forbes, Ryan melampaui saluran "Dude Perfect", yang dijalankan oleh sekelompok sahabat dari Texas, AS. 

Dalam saluran itu, mereka melakukan hal-hal yang tampaknya mustahil, seperti memasukkan bola basket ke dalam ring dari puncak gedung atau bahkan dari helikopter.

Dude Perfect kini menduduki peringkat kedua, atau naik dari posisi ketiga di tahun sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com