Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2019, 08:50 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Para pencinta kopi bisa jadi punya alasan untuk semakin sering minum kopi setelah mendengarkan hasil studi berikut.

Studi tersebut dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Illinois. Lewat penelitian, mereka menemukan, bahwa konsumsi kopi bisa membatasi kenaikan berat badan dan produksi kolesterol, bahkan ketika kita mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula, demikian seperti dilaporkan oleh SWNS.

Para peneliti memberi makan kelompok tikus yang memiliki pola makan 40 hingga 45 persen karbohidrat dan hanya 15 persen protein selama empat minggu.

Mereka juga diberi minum teh yang kaya akan fitokimia, flavonoid, dan asam amino. Jumlah kafein per sajian berkisar 65 hingga 130 miligram.

Selain itu, tikus-tikus itu juga diberi sumber kafein lainnya.

Baca juga: Riset Sebut Kopi Susu Kekinian Disukai 60% Milenial di Tahun 2019

Pada akhir eksperimen, para peneliti menemukan bahwa tikus-tikus yang mengonsumsi kafein memiliki lemak tubuh yang lebih sedikit cukup signifikan.

Menurut mereka, kafein mampu menurunkan penyerapan lemak hingga 22 persen dan menurunkan kenaikan berat badan hingga 16 persen.

Pada manusia, mereka meyakini bahwa minum empat gelas kopi per hari bisa membantu mencegah kenaikan berat badan.

Salah satu penulis studi, Elvira Gonzalez de Mejia mengatakan kepada SWNS bahwa berdasarkan studi tersebut dapat dikatakan bahwa teh dan kafein bisa menjadi agen anti-obesitas.

Hasil riset bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk memahami peran teh dan kafein sebagai strategi potensial untuk mencegah kelebihan berat badan dan obesitas, serta gangguan metabolisme terkait.

"Konsumsi kafein dari teh atau sumber lainnya bisa meredakan dampak negatif dari sumber makanan tinggi lemak dan gula pada komposisi tubuh karena modulasi enzim lipogenik tertentu pada jaringan adiposa dan hati," kata dia.

Nah, jika kamu salah satu yang berjuang keras memertahankan atau bahkan ingin menurunkan berat badan pada momen libur panjang seperti saat ini, penelitian ini mungkin bisa memberimu alternatif solusi.

Sehingga, kopi atau teh tak sekadar bisa membuatmu terjaga dan lebih segar tetapi juga bisa membantu menjaga target berat badan ideal.

Baca juga: Kopi Hitam Dapat Mencegah Kejang pada Bayi, Mitos atau Fakta?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NYPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com