Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Milenial Menghadapi Masalah Tekanan Darah Tinggi

Kompas.com - 07/01/2020, 08:48 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber menshealth

KOMPAS.com – Generasi milenial atau mereka yang lahir di tahun 1980 hingga awal tahun 2000-an sebenarnya masih tergolong muda. Namun, nyatanya mereka sudah menghadapi masalah kesehatan, terutama tekanan darah tinggi.

Walau kesadaran untuk menjaga gaya hidup sehat makin meningkat di generasi ini, tetapi banyak yang melupakan pentingnya pemeriksaan kesehatan (medical check up) sesederhana mengukur tekanan darah.

Awal tahun ini, Blue Cross Blue Shield merilis data kesehatan 55 juta orang dalam laporan Health of Millenials. Salah satu statistik yang mengejutkan, dari tahun 2004 hingga 2017 prevelensi tekanan darah tinggi pada orang yang berusia 21 tahun hingga 36 tahun melonjak 16 persen.

Dibandingkan dengan Gen X ketika mereka berada pada usia yang sama, hipertensi pada generasi milenial 10 persen lebih tinggi.

Tekanan darah tinggi adalah tekanan darah yang berada di atas 130 sistolik ( bacaan ataus yang menunjukkan tekanan di arteri saat jantung berkontraksi) atau lebih dari 80 diastolik (bacaan bawah yang merupakan tekanan di antara detak jantung).

“Tekanan darah tinggi akan membuat pembuluh darah menegang dan memaksa tekanan darah yang lebih tinggi lagi,” jelas dokter jantung Michael Miedema, MD, MPH, dari Minneapolis Heart Institute Foundation.

Hal tersebut dapat menciptakan tekanan pada dinding pembuluh darah, menyebabkan rantai inflamasi yang buruk, penumpukan plak, dan risiko yang lebih tinggi lagi yaitu terkena serangan jantung dan stroke.

Baca juga: Waspada, Hipertensi Penyebab Utama Gagal Ginjal Kronis

Dulu, masalah tekanan darah tinggi hanya untuk orang tua dan dianggap kecil kemungkinannya terjadi pada anak muda. Namun, kini tidak lagi, karena banyak juga anak muda yang mengalami masalah tekanan darah tinggi.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa masalah berikut:

"Wellness" yang tak bikin sehat
Kamu berpikir dengan mengkonsumsi suplemen khusus, meminum ramuan herbal, dan terapi alternatif akan membuatmu menjadi sehat. Namun, jika berbicara tentang tekanan darah, hal tersebut tak berlaku.

“Kaum milenial banyak mendengar tentang wellness dan tidak mengetahui tentang kesehatan yang sebenarnya,” kritik Christopher Kelly, MD, seorang milenial dan dokter jantung di Rumah Sakit Jantung dan Vaskular North Carolina.

“Tren wellness menjanjikan hasil yang bagus dengan usaha yang sedikit, tetapi tidak banyak memberi manfaat,” lanjutnya.

Ia mengatakan, hanya sedikit iklan wellness yang menyebutkan pentingnya olahraga teratur, tidak merokok, menjaga berat badan yang sehat, dan mengukur tekanan darah dan kolesterol.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

Boros dan bangkrut
Kaum milenial memiliki banyak utang dan hal ini memicu stres. Milenial berutang lebih dari empat kali yang dilakukan Gen X.

American Psychological Association’s Stress in America survey melaporkan, milenial memiliki tingkat stres rata-rata tertinggi dari generasi mana pun, yaitu 5,7 dari 10.

Halaman:
Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com