Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Ratu Inggris atas Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Kompas.com - 09/01/2020, 13:23 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ratu telah bereaksi terhadap keputusan Duke dan Duchess of Sussex untuk mundur dari tugas kerajaan. Atas keputusan keduanya, Ratu menerbitkan sebuah pernyataan.

"Diskusi dengan The Duke dan Duchess of Sussex berada pada tahap awal. Kami memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda, tetapi ini adalah masalah rumit yang akan membutuhkan waktu untuk diselesaikan,” demikian pernyataan dari Ratu.

Sebelumnya, The Sussex membagikan berita tentang keputusan mereka dalam posting panjang di akun Instagram Sussex Royal, mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk mandiri secara finansial dan akan membagi waktu antara Inggris dan Amerika Utara.

Pernyataan lengkap Pangeran Harry dan Meghan berbunyi, "Setelah berbulan-bulan refleksi dan diskusi internal, kami telah memilih untuk melakukan transisi tahun ini untuk mulai mengukir peran baru yang progresif dalam lembaga ini.

"Kami berniat untuk mundur sebagai anggota 'senior' keluarga kerajaan dan pekerjaan untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu. Dengan dorongan Anda, terutama selama beberapa tahun terakhir, kami merasa siap untuk melakukan penyesuaian ini," demikian pernyataan keduanya.

Mereka berbicara tentang rencana mereka untuk masa depan putra mereka yang berusia delapan bulan, Archie.

Duke dan Duchess of Sussex juga berencana tinggal di dua negara.

"Keseimbangan geografis ini memungkinkan kami membesarkan putra kami, dengan menghargai tradisi kerajaan tempat ia dilahirkan, sembari juga memberi ruang untuk fokus pada bab berikutnya, termasuk peluncuran entitas amal baru kami."

Baca juga: Mundur dari Kerajaan, Akankah Meghan dan Harry Menetap di Windsor?

"Kami berharap dapat berbagi rincian lengkap dari langkah selanjutnya yang menarik ini pada waktunya, karena kami terus bekerja sama dengan Yang Mulia Ratu, Pangeran Wales, Duke of Cambridge, dan semua pihak terkait. Sampai saat itu, terimalah terima kasih kami yang terdalam atas dukungan Anda yang berkelanjutan,” demikian pernyataan Harry dan Meghan.

Berita itu datang hanya sehari setelah mereka mengunjungi Rumah Kanada untuk berterima kasih kepada Komisaris Tinggi atas keramahan yang mereka terima saat tinggal di Kanada selama enam minggu dalam rangka istirahat dari tugas kerajaan.

Terakhir kali Harry dan Meghan terlihat di depan umum adalah untuk upacara hari peringatan pada November lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com