Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2020, 18:29 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penuaan dini menjadi salah satu masalah kulit yang paling dikhawatirkan. Memang kebanyakan orang yang mengkhawatirkannya adalah kaum hawa. Itu sebabnya kebanyakan produk perawatan kulit menyasar perempuan.

Padahal, penuaan dini bisa dialami oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.

Dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) menjelaskan, gejala penuaan dini pada perempuan dan laki-laki sebetulnya sama, yakni penurunan produksi kolagen yang membuat kerutan halus bermunculan, munculnya flek atau noda hitam di wajah, dan lainnya.

Namun, penuaan pada laki-laki sebetulnya justru berpotensi muncul lebih dini daripada perempuan.

"Penuaan pada pria bisa lebih cepat munculnya, karena pria kurang begitu memerhatikan kulitnya dan cenderung lebih banyak menghadapi stres."

Demikian diungkapkan oleh Haekal ketika ditemui pada peluncuran Y.O.U Golden Age di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020).

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kulit Wajah Bebas Komedo

Selain dua faktor tersebut, laki-laki juga cenderung bekerja lebih aktif sehingga lebih terpapar radikal bebas, terutama jika banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Itulah mengapa masalah penuaan dini pada laki-laki juga perlu diperhatikan.

Perawatan dasar untuk mencegah penuaan kulit sebetulnya sama saja untuk laki-laki maupun perempuan. Misalnya saja penggunaan tabir surya minimal 30 SPF ketika bepergian ke luar rumah dan membersihkan wajah dua kali sehari. Jangan lupa memilih sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

"Ada juga sebagian pria yang kulitnya berminyak. Gunakan sabun wajah yang oil free," ucapnya.

Selain itu, penggunaan pelembap secara rutin juga penting untuk mencegah kulit wajah kering. Terutama jika bekerja di luar ruangan atau berada di dalam ruangan berpendingin dalam waktu yang lama.

"Kalau terpapar AC kan membuat kulit kering, makanya juga harus menggunakan pelembap," kata Haekal.

Baca juga: 5 Produk Perawatan Kulit Pria yang Disarankan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com