Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kriteria Restoran Terbaik Menurut Chef Wolfgang Puck

Kompas.com - 21/01/2020, 18:06 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Dalam dunia gastronomi, restoran yang mendapat predikat Michelin Star dianggap sebagai restoran terbaik. Meski begitu, chef senior Wolfgang Puck memiliki kriteria sendiri yang berbeda.

Michelin star adalah salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia gastronomi dunia. Tidak sembarangan tempat makan atau chef yang bisa mendapatkannya secara mudah.

Dibutuhkan serangkaian penilaian yang sangat sulit. Mulai dari kelezatan makanannya, tekstur, pelayanan, hingga tingkat kehigienisannya. Hanya sebagian kecil tempat makan ternama yang bisa menembus daftarnya tersebut.

Baca juga: Restoran Terbaik di Jakarta 2019 Jatuh pada...

Chef Wolfgang PuckKOMPAS.com/Lusia Kus Anna Chef Wolfgang Puck
Chef Wolgang Puck sendiri memiliki beberapa restoran, termasuk Spago di Beverly Hills AS yang mendapat bintang Michelin di tahun 2008 dan 2009.

Selain itu, restorannya CUT juga mendapat penghargaan yang sama di tahun 2007. Sementara Puck juga pernah meraih predikat chef terbaik.

Bagi Puck, ada kriteria restoran terbaik yang sering dilupakan pengusaha kuliner, yaitu pelayanan.

“Kita bukan cuma ada di bisnis makanan, tapi hospitality. Customer suka restoran yang friendly, pasti mereka akan kembali. Walau makanannya enak tapi perlakuannya tidak ramah, orang tak akan mau datang,” ujar Puck dalam perbincangan dengan beberapa media Indonesia di Singapura, Desember 2019 lalu.

Menurutnya, yang menjadi “bintang” di sebuah restoran justru para pelanggan itu sendiri.

“Saya pasti akan memarahi karyawan saya yang sibuk dengan ponsel, menatap layar di meja depan. Mereka seharusnya melakukan kontak mata, berbicara, dan menyapa para pelanggan,” ujarnya.

Baca juga: Hidangan Klasik yang Dirindukan Chef Wolfgang Puck Saat Natal

Ia mengatakan, penghargaan Michelin Star sebenarnya lebih relevan untuk para chef ketimbang konsumen restoran.

“Customer akan datang ke restoran Michelin hanya untuk pengalaman. Mereka tidak akan datang ke sana setiap minggu, tapi mereka akan sering-sering makan di regular restoran,” ujarnya.

Puck mengaku bersyukur karena salah satu putranya tertarik dengan bisnis restoran dan memiliki keramahan yang dibutuhkan di dunia ini.

Ia juga menyampaikan pentingnya inovasi bagi para chef.

“Karena internet, semua hal berubah dengan cepat. Semua orang tahu apa yang terjadi di dunia. Orang selalu ingin yang baru, sehingga seorang chef pun dituntut untuk selalu berinovasi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com