Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2020, 16:17 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Ada banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa digunakan untuk membuat masker wajah, salah satu yang paling favorit adalah madu.

Selain mudah dibuat sendiri di rumah, masker madu juga kaya manfaat untuk kesehatan dan keindahan kulit.

Untuk membuat masker madu, kita bisa menggunakan madu jenis apa pun, namun pastikan keasliannya.

Madu alami adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah dan mengandung banyak zat yang berguna bagi kesehatan kulit, seperti fruktosa, glukosa, protein, asam amino, mineral, enzim dan komponen lainnya.

Khusus untuk kulit, madu dipercaya bisa melembapkan, mengatasi jerawat, dan mengatasi kulit kusam pada wajah.

Oleh karena itu, tidak heran jika madu sudah banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai produk kosmetik, termasuk masker kecantikan.

Baca juga: Ingin Kulit Wajah Kencang? Coba Saja Masker Putih Telur

Meski demikian, kita sebetulnya bisa membuat masker madu sendiri di rumah dengan campuran bahan-bahan alami lainnya. Penasaran apa saja manfaat masker madu untuk wajah dan bagaimana cara membuatnya?

Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan setelah menggunakan masker madu, serta cara mudah membuat masker madu sendiri.

Mengatasi jerawat

Buat yang memiliki wajah berjerawat, masker madu dipercaya bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Sifat antiperadangan dan antibakteri yang ada pada madu mampu meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat.

Bagaimana cara membuat masker madu tersebut? Pertama, campurkan madu asli dan kayu manis lalu aduk rata. Setelah itu, oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Mengangkat sel kulit mati

Masker madu dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit wajah karena kandungan enzim di dalamnya. Manfaat masker madu ini bisa didapatkan dengan mencampur madu dengan oatmeal.

Caranya, oleskan madu yang telah dicampur dengan sedikit air dan oatmeal setelah mencuci wajah dengan sabun. Biarkan madu di kulit selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Menyamarkan bekas jerawat

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com