Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2020, 09:43 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Prosedur kecantikan tertentu di klinik dokter memang efektif untuk menyamarkan tanda penuaan seperti bintik hitam atau kerutan. Namun, tanpa menyiapkan dana jutaan, sebenarnya kita tetap bisa membuat wajah terlihat segar dan awet muda lewat trik riasan.

Professional makeup artist, Dean menyebutkan, agar terlihat lebih muda sebaiknya hindari warna-warna makeup yang terlalu kuat, seperti hitam atau cokelat.

"Coba kasih warna yang lebih pink, nude, kalau pakai blush on jangan cuma merah," kata Dean ketika ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Riasan pada bibir menjadi salah satu kuncinya. Dean menganjurkan untuk lebih memilih lipstik dengan glossy finish alih-alih matte finish yang dalam beberapa waktu terakhir sedang menjadi tren.

Dean, Profesional Makeup Artist (tengah) bersama Dewi P. Mustakim Founder and President Director Miracle Aesthetic Clinic Group dan dr. Ratna Widyaningsih, Dipl. AAAM pada acara peluncuran tren face reshaping terbaru yaitu EShape untuk jadikan bentuk VShape lebih sempurna dan proporsional di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Dean, Profesional Makeup Artist (tengah) bersama Dewi P. Mustakim Founder and President Director Miracle Aesthetic Clinic Group dan dr. Ratna Widyaningsih, Dipl. AAAM pada acara peluncuran tren face reshaping terbaru yaitu EShape untuk jadikan bentuk VShape lebih sempurna dan proporsional di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

Kamu juga bisa menggunakan lip gloss untuk tampilan bibir yang lebih berkilau.

"Sesuatu yang glossy, glowing, kelihatannya lebih sehat dan tidak terlalu matte kesannya," kata Dean.

Agar riasan halus

Tak jarang orang mengaplikasikan makeup dengan teknik yang salah sehingga wajah justru tampak lebih kusam dan riasan wajah pada area-area tertentu cracking", misalnya pada garis senyum.

Jika menggunakan foundation, usahakan jumlah yang digunakan seimbang dengan penggunaan bedak. Sebab, bedak dalam hal ini berfungsi untuk mengunci foundation sehingga riasan wajah tak rusak ketika terkena keringat.

Kesalahan inilah yang menyebabkan riasan wajah pada area smile line kerap cracking.

"Keluar kena cahaya matahari kulit pasti cepat berkeringat. Kalau sudah "dikunci" dengan baik tidak akan mudah crack," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com