Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Ibu 3 Anak yang Berhasil Turunkan Bobot Hingga 45 kg

Kompas.com - 27/01/2020, 08:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kelahiran anak ketiga membuat Elizabeth Raney (25) menyadari bahwa berat badannya sudah tidak sehat dan harus mulai berubah. Di titik itulah Raney memulai perjalanan yang membuat bobotnya turun hingga melebihi 45 kg.

Raney merupakan ibu dari tiga anak, dengan usia anak 5 tahun, 2 tahun dan 1 tahun.

"Aku mendapatkan libur pada satu musim panas. Namun alih-alih bermain dengan anak-anak, aku merasa saat itu tak punya energi dan tidak bisa memberikan apa yang mereka butuhkan," kata dia.

Berat badan Raney saat itu mencapai hampir 136 kg. Menyadari bahwa berat badannya sudah tidak sehat untuk menjalani kehidupan sehari-hari dan mengurus ketiga anaknya, ia memutuskan untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.

Hal yang dilakukannya tidak besar atau drastis, melainkan mulai dari perubahan pola makan sederhana yang membuatnya mendapatkan hasil besar.

Baca juga: Bagaimana Cara Berlari untuk Menurunkan Berat Badan?

Raney tidak membatasi asupan makanan apapun, namun memperkecil porsi makanannya dan memilih opsi makanan yang lebih sehat. Hal itu dilakukan agar dirinya justru tidak mengidamkan makanan tertentu.

"Jika ingin soda, aku akan pilih soda diet, tapi sekarang aku benar-benar sudah tidak minum soda," kata perempuan yang memiliki berat badan berlebih sejak sekolah menengah itu.

Raney fokus pada perubahan pola pikir. Sebab, dirinya hampir selalu makan berlebih namun tetap merasa lapar sepanjang hari.

Ia kerap bertanya pada dirinya sendiri tentang alasan dirinya memiliki kebiasaan makan seperti itu.

"Aku juga mengubah pola pikirku dari berpikir untuk 'menurunkan berat badan atau menjadi kurus' menjadi 'aku harus merawat diri sendiri dan menjadi sehat'," kata Raney.

Baca juga: Pola Makan yang Buruk Bisa Sebabkan Kematian

Perempuan yang bekerja penuh waktu sebagai pegawai bank tersebut mulai dengan menyediakan makanan sehat tak hanya untuk dirinya tapi juga untuk ketiga anaknya.

"Jika kami berencana makan spaghetti untuk makan malam, aku membuatnya menggunakan mie sayur. Itu lebih baik untuk mereka," ungkapnya.

Sejak memulai perjalanan penurunan berat badannya sekitar satu tahun lalu, Raney sudah berhasil menurunkan berat badan lebih dari 45 kg.

Ia sangat senang karena kini lebih sehat dan bisa bermain bersama anak-anaknya dengan bebas.

Raney kemudian mulai mendokumentasikan perjalanannya lewat laman Instagram demi akuntabilitas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com