Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2020, 14:34 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Pernahkah kamu menggunakan henna? Produk ini umumnya digunakan kaum hawa untuk mempercantik kuku atau dijadikan tato temporer pada tangan.

Warna henna cenderung bertahan selama 2 minggu atau lebih di kulit. Setelah warnanya mulai memudar, kamu mungkin ingin menghilangkannya.

Ada beberapa cara menghilangkan henna yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus membuang waktu.

Henna adalah pewarna (pigmen) yang berasal dari daun tanaman pacar. Dalam seni mehndi, pewarna ini kerap diterapkan pada kulit untuk membuat pola tato temporer yang rumit. Dewasa ini, para pengantin wanita pun banyak yang menghias tangannya dengan henna.

Menunggu henna memudar dan hilang membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, jika ingin menghilangkannya, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Berikut cara menghilangkan henna dengan mudah:

Menggunakan sabun dan air hangat

Membersihkan henna atau pacar dengan sabun lembut dan air hangat dapat membantu menghilangkan pigmen henna. Kamu dapat mengoleskan sabun ke area tubuh yang dihiasi henna, lalu menggosoknya dengan tangan atau spons.

Setelah itu, bilas kulit menggunakan air hangat. Melakukan cara ini beberapa kali sehari dapat membantu menghapusnya dengan cepat.

Menggunakan baby oil

Baby oil juga ternyata dapat membantu melarutkan pigmen henna dan menghilangkannya. Kamu dapat mengoleskan bola kapas atau kain yang telah diberi baby oil langsung pada kulit yang dihiasi henna. Kemudian, bilas menggunakan air hangat setelah 10-20 menit.

Menggunakan air perasan lemon

Lemon memiliki sifat pencerah kulit dan dapat membersihkan noda sehingga bisa membantu menghilangkan henna atau pacar. Kamu dapat mengoleskan air perasan lemon pada kulit yang dihiasi henna dengan lembut.

Kemudian, bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit hingga kering. Jika memiliki kulit sensitif, maka kamu harus berhati-hati karena cara menghilangkan henna ini dapat menyebabkan iritasi.

Menggunakan scrub eksfoliasi

Henna hanya mewarnai permukaan kulit sehingga menggunakan scrub eksfoliasi atau pengelupasan kulit dapat membantu menghilangkannya lebih cepat. 

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com