Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Gampang Cemburu, Pertanda Gangguan Narsistik

Kompas.com - 28/01/2020, 07:11 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Cemburu memang bisa jadi tanda cinta, tetapi jika cemburunya membuat kita terkekang, bisa jadi itu merupakan tanda pasangan memiliki ciri kepribadian narsistik.

Sulitnya menentukan apakah kamu sedang berurusan dengan narsistik sejati atau bukan memang bagian dari modus mereka, yang membuat kamu harus menebaknya sendiri.

Tetapi, jika kamu memerlukan satu ciri kuat bahwa yang kamu kencani adalah seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik, maka menurut sains hal itu adalah cemburu berlebihan.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Psychology mengungkap bagaimana kekerasan psikologi dan kecemburuan dapat hadir dalam dua bentuk narsistik yang berbeda yakni besar dan rentan.

Yang pertama adalah ciri yang sudah dikenal luas sebagai perilaku narsis yakni kesombongan, sering memberikan labeling, dan egois.

Bentuk narsistik yang kedua memiliki ego yang sama-sama meningkat, tetapi cenderung malu-malu, cemas, dengan harga diri yang lemah yang gampang terpengaruh oleh tanggapan orang lain. Halus, tapi berbahaya.

Baca juga: Pria Narsis adalah Makhluk Paling Kesepian di Dunia

Para peneliti mensurvei 473 orang dalam hubungan yang stabil untuk menilai kepribadian mereka, perilaku terhadap pasangan mereka, dan tingkat kecemburuan romantis.

Mereka menemukan bahwa kedua bentuk narsisme terkait dengan kekerasan psikologis, tetapi dengan cara yang berbeda.

Sementara narsistik megah dikaitkan langsung dengan kekerasan psikologis yang nyata,  sementara narsisme rentan dihubungkan secara tidak langsung melalui kecemburuan romantis.

Studi sebelumnya telah mengungkap bahwa orang dengan kepribadian narsistik rentan memiliki tingkat kecemasan tinggi dalam hubungan dengan orang lain, sensitif terhadap sinyal atau tanda perpisahan, dan merasakan tekanan lebih besar saat ada perpisahan.

Karakteristik individu ini pada gilirannya  akan membuat mereka lebih waspada terhadap segala hal yang dianggap "ancaman" dalam hubungan. Pada akhirnya mereka jadi gampang cemburuan.

Tentu saja tidak semua orang yang cemburu dalam hubungan adalah narsistik, tetapi itu bisa menjadi faktor yang harus diwaspadai. 

Baca juga: Waspadai, 7 Tanda Kamu Kencan dengan Orang Narsis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com