Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Infeksi Virus, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kompas.com - 30/01/2020, 12:42 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

 

KOMPAS.com - Dunia sedang waspada menghadapi penyebaran virus corona. Virus yang memicu masalah pneumonia ini telah ditemukan di 18 negara. Walau belum ada vaksinnya, namun kita bisa mencegah tertular virus ini dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sistem imun yang kuat akan mengurangi kemungkinan tertular infeksi virus. Tidak hanya itu, daya tahan tubuh yang bagus merupakan modal untuk penyembuhan infeksi virus, termasuk corona, karena infeksi virus termasuk dalam self limiting diseases (dapat sembuh oleh sistem imun tanpa membutuhkan obat-obatan).

Menurut dr.Elvin Gultom, direktur klinik kesehatan dan kecantikan Rhed Clinic, jika terjangkit virus, penanganan yang dilakukan adalah dengan menyembuhkan gejalanya.

“Misalkan jika ditandai dengan batuk pilek, kesulitan bernapas, atau demam, maka gejala itu yang harus disembuhkan. Untuk membasmi virus itu sendiri tetap daya tahan tubuh yang akan melawannya,” katanya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan sistem imun. Yang utama adalah dengan mengasup makanan bernutrisi dan menjalani gaya hidup sehat, seperti tidur cukup, berhenti merokok, sering mencuci tangan, serta mengelola stres.

Sayur dan buah-buahan merupakan sumber antioksidan yang baik. Dianjurkan untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari.

Kita juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin jika pola makan kita kurang lengkap dan bervariasi.

Baca juga: Hanya dengan Daya Tahan Tubuh Bagus, Bisakah Kita Sembuh dari Virus Corona?

Air hidrogen

Tren lain dalam dunia kesehatan adalah konsumsi air hidrogen yang diklaim mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Minuman hidrogen sebenarnya sudah cukup lama dikenal di Jepang, dengan nama Shin’nooru solution. Pada dasarnya minuman ini adalah air yang ditambahkan hidrogen.

Jika gas hidrogen ditambahkan, maka akan bekerja sebagai anti-inflamasi dan aktivitas antioksidan. Konsumsi air ini secara rutin diklaim akan membuat kita lebih berenergi, mempercepat pemulihan setelah olahraga, hingga meningatkan daya tahan tubuh.

Pendiri LiveWell Global, distributor generator portable air, Leonardo Wiesan, mengatakan tidak hanya konsumsi air hidrogen, kini juga tersedia inhalasi hidrogen.

Kendati begitu, sebenarnya belum banyak penelitian yang meneliti tentang manfaat air hidrogen ini.

Salah satu yang sudah dimuat di jurnal Research in Sport Medicine tahun 2014 menunjukkan, mereka yang minum dua liter air hidrogen selama dua minggu mengalami kenaikan ion hidrogen dalam tubuhnya dibanding orang yang minum air biasa.

Penelitian itu menyimpulkan, air hidrogen mungkin memiliki efek alkalizing, yaitu ketika tubuh berada dalam status alkaline, sehingga terasa lebih berenergi, lebih fokus, dan memperlambat proses penuaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com