Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Mengatasi Masuk Angin? Dengarkan Sinyal Tubuh

Kompas.com - 31/01/2020, 18:05 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Istilah “masuk angin” yang sejak dulu hingga sekarang selalu merujuk pada kondisi saat tidak enak badan. Padahal dalam dunia medis, tidak ada istilah “masuk angin”. Meski demikian, tetap penting untuk tahu cara mengatasi masuk angin.

Masuk angin sebenarnya menggambarkan kondisi ketika seseorang merasakan gejala flu seperti demam, perut kembung, panas dalam, mual, hingga meriang. Biasanya hal ini terjadi saat seseorang terkena virus, terutama ketika sedang tidak fit.

Cara mengatasi masuk angin berakar dari bagaimana kita bisa mendengarkan sinyal dari tubuh. Saat tubuh terasa tidak sehat, sebenarnya itu sinyal untuk beristirahat. Tinggalkan rutinitas yang melelahkan dan memilih untuk rehat bisa jadi pilihan bijak.

Baca juga: Mencegah Masuk Angin Bagi Anda yang Sering Keluar Malam

Berikut ini beberapa cara mengatasi masuk angin yang layak dicoba ketika tubuh mulai merasa tidak fit, yaitu:

1. Konsumsi makanan bergizi

Saat tubuh berada dalam kondisi tidak fit, hal utama yang dibutuhkan adalah makanan bergizi dan kaya nutrisi. Makanan yang sehat akan membantu sel darah putih dalam melawan bakteri atau virus yang menyerang tubuh.

Kamu harus memastikan asupan mineral dan vitamin tercukupi selama tubuh sedang tidak bugar. Pilihlah makanan yang bersifat alkali seperti sayur dan buah-buahan serta kurangi dulu makanan bersifat asam seperti daging, ikan, hingga alkohol.

2. Makan dengan warna beragam

Masih seputar asupan makanan sebagai salah satu cara mengatasi masuk angin, konsumsilah makanan dengan warna beragam. Semakin berwarna makanan yang dikonsumsi, artinya semakin tinggi kandungan gizi dan fitonutriennya.

Hal ini membantu tubuh kembali bugar dan mempercepat proses pemulihan. Terlebih, saat sedang masuk angin nafsu makan bisa saja menurun drastis. Ketika mulai bisa makan, pilih yang benar-benar bermanfaat bagi tubuh.

3. Banyak istirahat

Ketika tubuh merasa masuk angin, jangan ragu untuk rehat sejenak dari rutinitas karena memang itulah yang sangat diperlukan tubuh. Jadi, ketimbang memaksakan diri untuk tetap bekerja padahal tubuh benar-benar lemas, sebaiknya perbanyak waktu beristirahat.

Pastikan waktu istirahat berkualitas dengan membuat ruangan senyaman mungkin. Jangan habiskan waktu untuk melihat handphone karena bisa menghabiskan waktu istirahat tanpa terasa.

Ingat pula, memaksakan diri beraktivitas hanya akan membuat proses penyembuhan semakin lama.

4. Pastikan tubuh terhidrasi

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com