Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2020, 13:45 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber UPI

KOMPAS.com -  Memiliki hobi atau pun kegemaran mengoleksi barang tertentu dipercaya merupakan kebiasaan yang baik untuk mewarnai hidup.

Dan faktanya, memang ada banyak orang di dunia ini yang memelihara kegemaran mereka untuk mengumpulkan barang-barang sesuai minat dan ketertarikan masing-masing. 

Dr. Val Kolpakov, seorang dokter gigi di Georgia adalah salah satunya.

Baca juga: Cetak Rekor, Bocah 9 Tahun Angkat Beban 104 Kg

Tak main-main, kegemaran Dr. Val Kolpakov mengumpulkan barang, bahkan membawa namanya masuk ke dalam buku rekor dunia, Guinness World Records.

Dr. Val Kolpakov diakui sebagai orang yang memiliki koleksi pasta gigi terbanyak di muka bumi, yang jumlahnya kini sudah mencapai 3.000 tube.

Val Kolpakov yang berasal dari Peach State Dentistry di Alpharetta mengaku koleksi pasta gigi tersebut bermula saat dia mencoba untuk mengoleksi gigi hasil cabutannya, untuk rekor dunia.

Baca juga: Parade 3.497 Harley-Davidson Cetak Rekor Dunia

"Ketika saya memulai karir sebagai dokter gigi, saya mencabut ratusan gigi. Lalu saya ingat ada catatan rekor Guinness untuk jumlah gigi yang dicabut," kata dia kepada WXIA-TV.

"Saya mulai mencari informasi secara online untuk catatan itu, namun saya tidak dapat menemukannya," sambung dia.

Kolapakov yang mengaku hingga kini masih memiliki koleksi ratusan gigi yang diekstraksi, menyebut, pada saat pencarian itulah dia menemukan informasi soal pasta gigi.

Berangkat dari keterangan yang didapat soal pasta gigi, dia lantas memutuskan untuk mengubah fokusnya.

Baca juga: Tak Cuma untuk Dimakan, Lemparan Hot Dog Bisa Torehkan Rekor Dunia

"Saya menemukan informasi tentang mengumpulkan pasta gigi, dan saya berpikir, 'hei, saya ingin sekali mengumpulkan pasta gigi,' karena itu jauh lebih menarik," kata dia.

Torehan terbaru ini bukan kali pertama bagi Kolapakov. Dia pertama kali dianugerahi rekor serupa pada tahun 2012.

Di kala itu, koleksi sudah mencapai 2.037 tube berbeda. Namun kini, jumlah tersebut telah bertambah lebih dari 1.000 tube.

"Kami mencoba mengubah kantor kami menjadi semacam museum gigi," kata dia.

Baca juga: Warga Kampung Pecahkan Rekor Dunia, Bikin Salad Buah Seberat 10,3 Ton

"Semua pasien saya, mereka sangat senang ketika saya menunjukkan beberapa rasa pasta gigi yang tidak biasa, yang saya miliki."

"Dan lalu, jika mereka bepergian ke negara-negara tertentu, mereka membawa saya pasta gigi dari sana sebagai oleh-oleh," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber UPI


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com