Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2020, 13:20 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dapur adalah salah satu ruangan di rumah yang paling sering dikunjungi. Mulai dari mempersiapkan makan, hingga makan bersama anggota keluarga atau kerabat dekat.

Jika dapur didekorasi menjadi lebih menarik dengan elemen-elemen yang enak dipandang mata, tentunya momen kebersamaan akan lebih menyenangkan.

Namun, banyak dari kita menganggap memiliki dapur yang menarik butuh biaya renovasi besar. Padahal, dapur bisa tampak jauh lebih menarik hanya dengan menerapkan cara sederhana, lho.

1. Warna monokrom

Nuansa monokrom memberikan tampilan yang segar dan membuat ruangan terlihat lebih luas. Mengecat dinding dapur dengan warna monokrom akan memberikan latar belakang yang sempurna karena kita bisa bermain dengan perlengkapan masak dan perabotan yang menarik.

Untuk dapur yang lebih kecil, disarankan memilih warna-warna terang dan jika memiliki dapur yang lebih panjang dan lebar, kamu dapat memilih warna gelap.

Baca juga: 3 Desain Dapur yang Bakal Ngetren Tahun 2020

2. Lampu gantung

Lampu gantung tak hanya berfungsi sebagai penerangan tetapi juga dekorasi instan, meskipun dalam kondisi sedang tidak menyala. Harga lampu gantung bervariasi, kamu bisa membelinya sesuai dengan kemampuan atau dengan luas dapur.

3. Piring sebagai dekorasi dinding

Jika memiliki area dinding kosong di dapur, kamu bisa memanfaatkannya untuk dekorasi. Salah satunya menggunakan piring-piring dekorasi. Pilihlah yang sesuai dengan warna dinding dan perabotan di dapurmu. Meski sederhana, kamu akan melihat area dapurmu akan lebih menarik dengan dekorasi tersebut.

Baca juga: Yuk, Percantik Rumah dengan Dekorasi Ramah Lingkungan

Lampu gantung krom sebagai point of interest dalam dapur minimalis serba putih karya Mint -DS 
Nurdin, Muhamad If Lampu gantung krom sebagai point of interest dalam dapur minimalis serba putih karya Mint -DS

4. Lebih berwarna lewat aksesori

Jika kamu mewarnai dinding dapurmu dengan warna monokrom, tentunya kamu perlu memberi sentuhan warna agar dapurmu terasa lebih hidup. Ini bisa kamu lakukan lewat pemilihan aksesori dan peralatan dapur yang ada. Tentunya, kamu bisa memilih aksesori yang sesuai dengan kondisi kantong agar tidak menghabiskan terlalu banyak uang.

Baca juga: Mencegah Tikus Bersarang di Dapur

5. Wallpaper motif

Jika mau melakukan sedikit renovasi, kamu bisa menambah sentuhan dekoratif lewat wallpaper bermotif pada dinding dapur yang besar.

Wallpaper bermotif akan memberikan dimensi berbeda pada ruangan sekaligus memberikan karakter. Pilihlah motif yang membuatmu bahagia sehingga ketika memasuki dapur untuk mempersiapkan makanan, suasana hatimu akan jauh lebih baik.

6. Perlengkapan berwarna senada

Akuilah bahwa botol-botol kaca dan perlengkapan berwarna senada bisa membuat mata lebih termanjakan. Kamu juga bisa memilih warna-warna kontras atau memilih perlengkapan dengan kaca transparan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com