Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2020, 20:15 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Pengusaha yang juga selebgram Rachel Vennya berbagi tips bagaimana cara dirinya menghadapi anak pertamanya, Xabiru saat sedang rewel dan tantrum.

“Biasanya awalnya aku ajakin dia ngomong baik-baik. Aku ajak dia ngobrol, aku minta dia buat sabar,” ujar Rachel saat ditemui di acara Konferensi Pers Tokopedia Fair x Bridestory Fair x Parentstory Fair di ICE BSD, Tangerang, Kamis (6/2/2019).

Rachel menjelaskan dengan perlahan pada putra pertamanya yang masih usia balita itu. Ia berusaha memberikan pengertian sesuai usianya bahwa untuk mewujudkan keinginan, membutuhkan sebuah proses.

“Harus jalan dulu, baru kasih ke dia. Enggak bisa tiba-tiba datang sendiri ke dia,” kata Rachel.

Memberitahu anak memang tak mudah. Rachel bahkan harus berkali-kali mencoba untuk berbicara baik-baik.

“Ya memang kita sebagai orangtua harus menjaga mental, bagaimana caranya supaya saat dia muter-muter itu kita enggak panik dan tidak terbawa aura marahnya dia dengan kita lawan dengan ademnya kita,” ungkapnya.

“Jadi api marahnya itu kita ademin dengan aura kita,” imbuhnya.

Selain menghadapi anak saat rewel, Rachel juga mengaku ingin membentuk pribadi yang bertanggungjawab pada Xabiru. Rachel ingin putra pertamanya itu bisa mengatasi masalahnya sendiri.

“Cuman sejauh ini kalau dia buat suatu masalah, aku pengin dia menyelesaikannya. Misalnya kalau tumpahin air, ya dia yang harus lap dan ambil sendiri,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com