Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Anak-anak Berusia 5-10 Tahun Tak Bisa Lepas dari Ponsel

Kompas.com - 08/02/2020, 20:15 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dari sebuah temuan baru, hampir setengah dari anak-anak berusia 5 - 10 tahun telah memiliki ponsel.

Temuan dari Childwise, lembaga penelitian yang mengkhususkan pada anak-anak mengungkap, 47 persen anak-anak dalam kelompok usia itu memiliki ponsel, meningkat 38 persen dari tahun lalu.

Laporan tersebut juga menyatakan, sebagian besar anak-anak menjadi pemilik ponsel saat mereka mencapai usia tujuh tahun.

Baca juga: Sinar Biru Berbahaya, Orangtua Harus Batasi Penggunaan Ponsel pada Anak

Mereka juga bergantung pada ponsel, dan lebih dari setengah anak-anak yang disurvei mengaku "selalu tidur dengan ponsel di sebelah mereka."

Sementara itu, jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak untuk online terus meningkat, dengan menghabiskan waktu sekitar tiga jam berselancar di internet - yang mana ini meningkat dari tahun lalu.

Rata-rata penggunaan internet setiap hari pada anak berusia tujuh hingga sepuluh tahun juga melonjak, naik hampir satu jam per hari dari tahun lalu.

Childwise menemukan, situs atau platform yang sering dikunjungi anak-anak adalah YouTube --aplikasi favorit-- diikuti oleh Snapchat, Instagram, TikTok, dan Fortnite.

Childwise membuat laporannya berdasarkan survei tahunan terhadap sekitar 2.000 anak berusia lima hingga 16 tahun di Inggris.

Simon Leggett, direktur penelitian di Childwise, mengatakan saat ini ponsel mendominasi kehidupan anak-anak.

Baca juga: Sadarilah, 3 Risiko Kesehatan karena Bawa Ponsel Saat Tidur

"Barangkali sulit untuk mengawasi penggunaan teknologi anak kita, mengingat ponsel adalah teknologi yang sangat privat dan pribadi," kata Leggett.

"Saat seorang anak mempunyai ponsel, itu bisa menjadi tantangan untuk memantau apa yang anak kita akses secara online, karena itu teknologi privat yang paling dirahasiakan."

Laporan ini serupa dengan laporan yang diterbitkan oleh Ofcom pada tahun lalu. Ofcom merupakan otoritas regulasi yang disahkan pemerintah Inggris untuk industri penyiaran, telekomunikasi, dan pos Britania Raya.

Berdasarkan laporan Ofcom sebelumnya, ditemukan semakin banyak anak yang menggunakan media sosial secara reguler.

Setelah menganalisis kebiasaan media dari sekitar 2.000 anak berusia 3 - 15 tahun di seluruh Inggris, ditemukan sebanyak 18 persen anak berusia 8 - 11 tahun memiliki profil media sosial.

Hal itu bertentangan dengan fakta di mana media sosial tidak mengizinkan anak berusia di bawah 13 tahun untuk mendaftarkan akun.

Baca juga: 6 Tips Aman Bermain Ponsel agar Tak Ganggu Kesehatan Mata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com