Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kleurrijk de Batavia, Hadirkan Ondel-ondel Hingga Bir Pletok

Kompas.com - 18/02/2020, 06:07 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Desainer Wignyo Rahadi mengangkat kreasi baru kain Batik Betawi dalam koleksi bertema Kleurrijk de Batavia. Dalam koleksi ini digambarkan bagaimana warna-warni keberagaman kultur Betawi di dalam busana siap pakai dan baju muslim.

Koleksi ini menghadirkan kombinasi antara ikon kota Jakarta dan juga kebudayaan Betawi mulai dari Ondel-ondel, Kembang Kelapa, Ornamen Gigi Balang, Baju Sadariah, Kebaya Kerancang, Kerak Telor, dan Bir Pletok karya Batik Elemwe.

Ada pula kain batik motif aneka fauna Kupu-kupu dipadu Tumpal Pucuk Rebung yang dipercaya oleh masyarakat Betawi sebagai penolak bala, buatan Rumah Kebaya Milla House.

Selain itu, terlihat kain batik motif kontemporer Ondel-ondel dan motif klasik Daun Sirih kreasi Batik Gobang Jakarta.

Koleksi ini juga menghadirkan kain dengan motif Bebek Menari karya Batik Marunda yang merupakan kelompok pengrajin batik dari tiga rumah susun di Jakarta, yaitu Marunda, Rawabebek, dan Pesakih.

Batik-batik cantik ini hadir dengan pilihan warna klasik sogan dengan warna dasar hitam dan corak warna cerah seperti putih, merah, oranye, ungu, dan biru.

Yang istimewa, Wignyo juga memadukan kain Batik Betawi dengan tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) untuk corak full bintik dan salur bintik.

Untuk modelnya, koleksi Kleurrijk de Batavia menghadirkan varian desain seperti, blus, celana, dan dress. Dilengkapi pula dengan outer, seperti bolero, cape, dan cardigan. Tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com