Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2020, 16:17 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


KOMPAS.com - Kopi memang terbukti punya manfaat bagi kesehatan, tetapi bagaimana cara kita membuat dan campurannya dalam cangkir juga berpengaruh.

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat kebiasaan ngopi ini jadi lebih menyehatkan?

- Jangan cuma kopi
Sebagian orang merasa tidak bisa memulai aktivitas pagi tanpa secangkir kopi. Namun, tak jarang orang menggantikan sarapan dengan kopi.

Menurut ahli gizi Adina Pearson, kopi memang bisa menekan nafsu makan dan berfungsi sebagai stimulan. Itu sebabnya banyak orang menggunakannya sebagai "sarapan" karena efeknya yang bisa membuat kita siaga. Kebiasaan ini sebaiknya dihentikan.

"Hidup sehat berarti cukup gizi, bukan cuma tetap sigap. Tubuh tetap butuh karbohidrat, protein, lemak, dan juga serat," kata Pearson.

Baca juga: Minum Kopi dan Sakit Lambung, Apa Hubungannya?

- Singkirkan gula dan pemanis
Kopi akan lebih sehat jika kita tidak menambahkan gula atau sirup pemanis. Memang awalnya akan terasa sulit hanya minum kopi hitam, tetapi kita bisa bertahap melakukannya.

Jika kamu tidak bisa menyingkirkan gula sama sekali, berhati-hatilah memilih pemanis untuk dimasukkan ke dalam kopi. Ketimbang krimer, coba tambahkan susu organik atau susu nabati.

- Bulletproof kopi
Saat ini sedang tren "bulletproff" kopi, yaitu kopi yang ditambahkan butter dan minyak kelapa. Kopi jenis ini dianggap lebih sehat.

"Lemak dari butter dan juga santan merupakan kombinasi yang baik untuk memompa energi di pagi hari," kata presiden Culinary Health Solutions, Ken Immer.

Agar lebih sehat, ia merekomendasikan butter yang berasal dari susu organik.

- Tambahkan kayu manis
Kopi sebaiknya memang tidak ditambahkan gula agar kandungan kalorinya tidak melonjak. Untuk memberi rasa, cobalah tambahkan kayu manis. Penelitian menunjukkan, kopi kayu manis memiliki efek yang baik.

"Kayu manis terbukti bisa menurunkan tekanan darah. Menambahkannya akan bisa meningkatkan antioksidan dan rasa manis tanpa kalori," katanya.

Baca juga: Tanpa Gula, Kopi Hitam Lebih Bermanfaat untuk Kesehatan

- Gunakan kertas penyaring
Menurut ahli gizi Jill Weisenberger, salah satu cara memastikan kopi diseduh dengan sehat adalah menyaringnya dengan kertas khusus.

"Menyaring kopi dengan kertas filter akan menghilangkan dua komponen, cafestol dan kahweol, keduanya bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat," katanya.

- Perhatikan asalnya
Jika kamu sangat mementingkan unsur "sehat" dari kopi yang diminum, perhatikan asal biji kopi itu. Di mana kopi itu ditumbuhkan, cara panen, dan juga sampai di meja kita.

Pilih kopi yang diperjualbelikan dengan menjunjung etika kesetaraan dan memperhatikan kesejahteraan petani. Harganya mungkin lebih mahal, tetapi setidaknya kita juga berkontribusi untuk masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com