Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2020, 17:27 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Mengunyah permen memang menyenangkan, tidak hanya dari segi rasa tetapi juga teksturnya yang kenyal.

Di samping itu, banyak orang yang merasa lebih konsentrasi ketika mengunyah permen karet saat beraktivitas.

Sayangnya, kebanyakan permen karet mengandung gula yang cukup tinggi sehingga membuat kita rentan terkena diabetes jika mengonsumsinya terlalu sering.

Lantas adakah alternatif lain dari permen karet biasa? Ada, permen karet bebas gula.

Permen karet bebas gula merupakan jenis permen karet yang tidak menggunakan gula sebagai pemanisnya melainkan menggunakan pemanis buatan atau alami lain yang lebih rendah kalori.

Pemanis dalam permen karet bebas gula biasanya terbuat dari stevia, aspartam, atau alkohol gula yang diambil dari buah-buahan. Alkohol gula yang sering digunakan dalam permen karet bebas gula adalah xylitol, sorbitol, dan isomalt.

Permen karet bebas gula dapat menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak adanya kandungan gula dalam permen karet bebas gula bukanlah satu-satunya daya tarik yang dapat memikat kita.

1. Menurunkan berat badan

Siapa sangka, hanya benda kecil seperti permen karet bebas gula dapat membantu meraih berat ideal.

Selain mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi, permen karet bebas gula yang mengandung pemanis xylitol atau sorbitol dapat menimbulkan efek laksatif atau melancarkan BAB dengan meningkatkan kadar air dalam usus besar.

Namun, efek melancarkan pencernaan ini hanya bisa dirasakan ketika kita mengunyah permen karet bebas gula dengan pemanis xylitol atau sorbitol dalam jumlah banyak.

Tapi hal ini jangan mendorong untuk mengonsumsi permen karet bebas gula terlalu banyak. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan.

Baca juga: 9 Trik Menurunkan Berat Badan Selama Tidur

2. Mencegah gigi berlubang

Mengunyah permen karet bebas gula bukan hanya membantu mengurangi konsumsi gula, tetapi juga melindungi gigi dari potensi mengalami kerusakan dan lubang di gigi, khususnya jika permen karet bebas gula tersebut menggunakan pemanis xylitol.

Permen karet biasa mengandung gula yang tinggi yang dapat menjadi ‘makanan’ bagi bakteri jahat perusak gigi. Sementara kandungan xylitol di permen karet bebas gula bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com