Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Menjadikan Starbucks Tanah Abang Berbeda

Kompas.com - 21/02/2020, 10:55 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada salah satu dinding gerai Starbucks itu, kita bisa menemukan kalimat: "Gerai ini didedikasikan untuk masyarakat setempat. Kami hadir untuk mendukung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Abang."

Ya, gerai terbaru Starbucks yang dibuka Kamis (20/2/2020) ini memang berbeda. Ia disebut gerai Community Store pertama di Indonesia karena gerai ini memberikan kesempatan kepada para partner (karyawan Starbucks) yang berasal dari Tanah Abang untuk secara langsung berkontribusi kepada lingkungan tempat mereka bertumbuh.

Selain itu, sebagian hasil dari gerai ini akan diberikan kepada dua Lembaga Swadaya Masyarakat untuk menciptakan kesempatan bagi anak-anak di lingkungan Tanah Abang dalam memperoleh edukasi.

Sebagai pusat tekstil terbesar di Asia Tenggara, Tanah Abang merupakan rumah bagi banyak generasi muda dengan akses terhadap pendidikan atau peluang pengembangan karir yang terbatas.

Artinya, di daerah ini juga banyak ditemukan anak-anak yang masih berada di jalanan dan membutuhkan pendidikan atau pelatihan agar kelak bisa hidup lebih sejahtera.

Karenanya, Starbucks bermitra dengan dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat, yaitu Yayasan Komunitas Sahabat Anak dan Indonesian Street Children Organization (ISCO), untuk menciptakan lebih banyak kesempatan dalam memperoleh edukasi bagi anak-anak di Tanah Abang yang juga merupakan generasi penerus bangsa.

Baca juga: Starbucks Tanah Abang, untuk Membantu Anak Jalanan

Anthony Cottan (baju batik) di Starbucks Tanah AbangStarbucks Anthony Cottan (baju batik) di Starbucks Tanah Abang
Untuk keperluan itu, ada pembeda di gerai ini, dibanding gerai-gerai Starbucks lainnya. Selain area kafe, gerai Community Store Tanah Abang yang terdiri dari empat lantai dengan luas kurang lebih 250 meter persegi, menyediakan area yang secara khusus dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelatihan dan pengembangan diri dari anak-anak.

Selain itu, hampir semua barista Starbucks yang bekerja di gerai Community Store ini berasal dari Tanah Abang, menjadikan mereka sebagai representasi nyata masyarakat Tanah Abang.

“Sejak membuka gerai pertama Starbucks di Indonesia, kami telah memiliki rencana jangka panjang untuk terus memberikan dampak sosial yang positif di Indonesia, meningkatkan keterlibatan di tengah masyarakat,” jelas Anthony Cottan, direktur PT Sari Coffee Indonesia, saat membuka gerai.

Gerai ini juga akan mendonasikan sebagian dari penjualannya kepada kedua LSM yang bekerjasama, sehingga secara tidak langsung, pelanggan bisa turut serta dalam mendanai beasiswa untuk sebagian anak-anak Tanah Abang, serta menunjang program belajar-mengajar (bimbel) reguler kedua LSM.

Didirikan pada tahun 1997, Yayasan Komunitas Sahabat Anak awalnya didirikan dengan tujuan untuk mendorong dan menginspirasi anak jalanan di Jakarta untuk terbebas dari kemiskinan.

Dengan keberadaan gerai Community Store, anak-anak binaan yang terdiri dari siswa TK sampai SD dapat memiliki tempat untuk kegiatan tambahan sepulang sekolah.

“Dengan pembukaan gerai Community Store Tanah Abang, Starbucks akan terus membangun hubungan antara partner (karyawan Starbucks), pelanggan, serta anak-anak muda penerus bangsa," lanjut Cottan.

Starbucks Tanah AbangStarbucks Starbucks Tanah Abang
Community Store ini juga akan membantu Indonesian Street Children Organization (ISCO) dengan memberikan beasiswa pendidikan bagi beberapa pelajar yang merupakan anak binaan ISCO pada rentang usia 5 sampai 15 tahun.

Didirikan pada tahun 1999, ISCO menjalankan program untuk membantu anak-anak jalanan menggali potensi dalam diri mereka. Hingga saat ini, ISCO telah mendanai lebih dari 2.000 anak di lebih dari 30 area binaan di Indonesia.

Selain dalam hal kegiatan sosial untuk masyarakat, gerai di Tanah Abang ini juga menyajikan menu istimewa.

"Ada empat menu, yaitu Betawi Latte, Gambang Cake, Selendang Mayang Pudding, dan Sarang Semut Cheese Cake. Seluruh menu ini tidak bisa diperoleh di gerai Starbucks lain, hanya ada di Tanah Abang," ujar Andrea Siahaan, Senior General Manager PR and Communications PT. Sari Coffee Indonesia.

Pada Januari 2020, Starbucks mengumumkan perluasan program Community Store-nya di Amerika Serikat; direncanakan akan membuka 100 gerai sampai dengan tahun 2025 yang didedikasikan untuk memberikan peluang peningkatan ekonomi di masyarakat, baik di pedesaan maupun di perkotaan yang kurang terlayani.

Artinya, dengan ngopi di gerai-gerai seperti ini, kita bisa ikut membantu masyarakat sekitarnya agar mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com