Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2020, 15:35 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Tentu siapa pun akan sepakat dengan dalil yang menyebutkan bahwa sepatu berhak tinggi harus "diistirahatkan" selama masa kehamilan.

Tapi, mungkin akan banyak yang tak menyangka kalau ternyata pemakaian sandal jepit ketika mengandung ternyata merupakan ide yang buruk.

Kehamilan memberi tekanan ekstra pada persendian dan kaki. Sementara sandal jepit beralas datar tidak cukup memberikan dukungan lengkung yang diperlukan telapak kaki."

Baca juga: Cerita Ayu, Menyulap Karung Goni Jadi Sandal Jepit Cantik...

Demikian dijelaskan Dr Goh Shen Li, seorang konsultan kebidanan dan kandungan di Klinik S L Goh Women di Mount Alvernia Medical Center D.

Akibatnya, ibu hamil dapat mengalami plantar fasciitis -rasa sakit di bagian tumit dan kaki, jika mengenakan sandal jepit selama masa kehamilan. 

Jadi, singkirkanlah sandal jepit dan gantilah dengan alas kaki yang mampu menahan seluruh permukaan telapak kaki dengan baik. 

Baca juga: Hati-hati, Pakai Sandal Jepit Bisa Berdampak Buruk pada Kaki

Untuk itu, ibu hamil sebaiknya memilih sepatu yang pas di kaki, dengan tumit yang datar, kata Dr Goh.

Selain itu, sol pun harus memiliki lengkungan yang mendukung permukaan telapak kaki, demi membantu meminimalkan ketidaknyamanan, sekaligus menyerap goncangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com