Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serena Williams Ungkap Rahasia agar Hidup Produktif

Kompas.com - 21/02/2020, 19:15 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Serena Williams (38) sudah menjadi pemain tenis profesional sejak usia 14. Selama lebih dari dua dekade, secara konsisten ia berlatih dan menjalani pola makan sehat untuk membantunya memenangkan 23 gelar Grand Slam.

Selain latihan keras dan pola makan vegan, Williams juga punya dua strategi yang tidak pernah terlewatkan demi hari-hari produktif, baik berkaitan dengan karir tenisnya maupun aktivitasnya.

Menjaga produktivitas adalah hal yang penting, mengingat Serena tak hanya seorang petenis tetapi juga pebisnis dan ibu satu anak.

Strategi pertama adalah meluangkan waktu untuk mengistirahatkan pikiran.

"Ini mungkin terdengar aneh, namun karena saya bekerja sangat banyak antara tenis dan bisnis -Serena Ventures dan Serena Clothing, saya hanya perlu menyempatkan diri untuk mengistirahatkan otak dan tidak memikirkan apapun, "katanya kepada CNBC Make It.

Baca juga: Serena William Akui Sang Suami Sebagai Pendukung Besar dalam Karirnya

Williams mengatakan, ia punya banyak cara untuk mengistirahatkan pikiran, tidak peduli apa yang ada di jadwalnya.

Caranya bisa dengan cara bermeditasi atau sekadar menonton televisi tentang apapun, seperti sesuatu yang konyol atau menyenangkan.

Menghabiskan waktu bersama putri tercintanya yang berusia 2 tahun, Alexis Olympia Ohanian Jr juga membantunya menjernihkan pikiran.

“Itu sangat membantu saya untuk fokus padanya dan fokus pada saat ini, tidak memikirkan hal lain," ungkapnya.

Baca juga: Serena Cetak Rekor Lolos Final ke-10 di US Open

Mengistirahatkan pikiran, kata Williams, memungkinkannya untuk menata ulang dirinya dan mendapatkan lebih banyak energi untuk pergi berlatih di hari berikutnya atau ketika menerima lebih banyak panggilan kerja.

Williams juga minum setidaknya satu galon air per hari, bahkan ketika sedang tidak latihan. Kurang minum air akan membuat tubuh dehidrasi. Ketika dehidrasi, tubuh akan terasa lemah dan lesu.

"Itu adalah satu hal yang selalu saya pastikan akan dilakukan," ungkapnya.

Tak hanya Serena Williams, sang kakak Venus Williams juga pernah menyampaikan kepada CNBC Make It tentang beberapa trik yang membuat hari-hari kerjanya produktif. Termasuk tidur selama delapan jam dan menghentikan sementara konsumsi junk food, seperti pancake dan roti madu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com