Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selalu Stres Hadapi Deadline, Bagaimana Solusinya?

Kompas.com - 24/02/2020, 16:49 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Deadline atau tenggat waktu kerja adalah hal yang biasa bagi para pekerja. Jika kamu salah satu yang selalu merasa stres ketika dikejar deadline, jangan khawatir karena kamu tidak sendiri.

Reputasi setiap profesional tergantung pada banyak hal termasuk seberapa efisien ia memenuhi deadline, kualitas pekerjaan, semangat tim, dan lainnya.

Seseorang mungkin saja merupakan anggota tim yang sangat baik dan memiliki banyak keterampilan, tetapi jika ia gagal memenuhi deadline atau melewatkan deadline untuk menyelesaikan proyek, dia tidak akan pernah dianggap sebagai karyawan yang dapat diandalkan.

Melakukan pekerjaan dengan baik sama pentingnya dengan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Deadline tidak hanya penting untuk manajemen waktu, tetapi juga penting untuk membantu karyawan mencapai tujuannya.

Deadline memotivasi tim untuk bekerja keras bersama sambil mendorong satu sama lain untuk menjadi lebih produktif.

Sayangnya, tidak semua orang dapat mengatur waktu mereka seefisien yang seharusnya dan bagi mereka memenuhi deadline merupakan perjuangan yang sangat berat dan menimbulkan stres.

Di sisi lain, klien atau atasan mungkin tidak peduli dengan alasan apapun yang membuatmu melewatkan deadline.

Baca juga: 6 Tanda Kita Mengalami Stres Pekerjaan

Nah, berikut adalah beberapa tips bisa membantumu memenuhi deadline dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu:

1. Membuat daftar pekerjaan

Salah satu penyebab utama yang membuat seseorang tak berhasil mengejar deadline adalah kurangnya perencanaan.

Sebagian besar karyawan atau profesional menangani banyak proyek, yang berarti mereka memiliki beberapa deadline untuk dikejar. Beberapa proyek mungkin memiliki deadline jangka panjang, namun yang lainnya mungkin jangka pendek.

Yang penting adalah untuk mengetahui apa saja yang perlu dikerjakan. Sebab, ketika seorang karyawan bekerja terlalu keras dan perlu melakukan banyak tugas, akan semakin besar kemungkinan melewatkan deadline.

Jadi, awali hari dengan menuliskan tugas apa saja yang harus diselesaikan hari itu. Buat pula daftar pekerjaan lain dan waktu deadlinenya. Cara ini akan membantu seseorang untuk mengatur beban kerjanya dan mengingat tanggal jatuh tempo yang mungkin terlewatkan.

2. Membuat estimasi waktu

Setelah membuat daftar deadline, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan daftar deadline tersebut agar tepat waktu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com