Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Kisah Romantis Habibie & Ainun di Washington, D.C.

Kompas.com - 24/02/2020, 19:22 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Udara dingin yang hampir menyentuh titik beku di Ibu Kota Amerika Serikat, Washington, D.C, pada Jumat malam (21/2/2020) tak menyurutkan langkah ratusan orang untuk datang ke KBRI Washington, D.C.

Kehangatan dan antusiasme terasa, di antara mereka yang ingin mengikuti perjalanan cinta Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie dan Ibu Negara Hasri Ainun Habibie.

Bahkan sebelum itu, ketika KBRI mengumumkan digelarnya acara nonton bareng film “Habibie & Ainun”, pemesanan tempat yang disebar online, langsung penuh hanya dalam waktu sepekan.

Baca juga: Nonton Film “Pengabdi Setan” di Gedung Berhantu di Washington DC

“Film Habibie & Ainun sengaja dipilih karena paling sesuai menggambarkan nuansa Hari Valentine dan Hari Presiden di AS, yang jatuh pada tanggal 14 dan 17 Februari 2020."

"Kedua tokoh utama dalam film ini merupakan kombinasi yang tepat menunjukkan bagaimana tulusnya cinta mendukung keberhasilan seseorang dalam pengabdian kepada bangsanya.”

Demikian penjelasan Yudho Sasongko, Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya, mewakili Kepala Perwakilan RI di Washington, D.C, dalam keterangan pers untuk Kompas.com.

“Kami berharap film ini dapat membantu warga AS untuk semakin mengenal Indonesia, dan sekaligus membantu mempererat hubungan antarmasyarakat kedua negara yang selama ini sudah berjalan sangat baik,” kata dia.

Film besutan sutradara Hanung Bramantyo ini diputar dalam Bahasa Indonesia dengan disertai subtitle Bahasa Inggris.

Di bagian awal, penonton bisa tertawa dan tersenyum sambil santai mengunyah beragam camilan.

Namun selanjutnya, film ini mampu mengubah suasana rileks menjadi serius, khususnya ketika tergambar perjuangan Habibie mewujudkan mimpi agar Indonesia mampu membuat pesawat sendiri.

.DOKUMENTASI KBRI WASHINGTON DC .

Rasa yang sama pun muncul ketika dia memimpin Indonesia di masa transisi menuju era reformasi.

Tidak hanya itu, film “Habibie & Ainun” juga berhasil menggiring para penonton terharu.

Pilihan hidup Ainun untuk terus mendukung Habibie hingga maut memisahkan, membuat suasana haru. Tidak sedikit di antara penonton yang terus menyeka air mata.

Para penonton yang datang dengan pasangan, beberapa diantaranya tampak saling berpelukan seolah ingin seperti pasangan Habibie-Ainun.

“Dari anakku, aku, hingga kenalanku yang sudah berumur, semuanya meneteskan air mata."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com