Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2020, 10:06 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Air masuk ke telinga saat sedang berenang adalah hal yang menyebalkan. Kamu yang pernah mengalaminya pasti tahu rasanya.

Selain menciptakan bunyi tidak nyaman di telinga, mendengar perkataan orang lain dengan jelas menjadi susah.

Biasanya, air yang masuk ke dalam telinga dapat keluar dengan sendirinya. Namun ada kalanya air tidak mau keluar. Kondisi air yang terjebak di dalam telinga ini dapat menyebabkan infeksi telinga jika dibiarkan.

Untungnya ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengeluarkan air yang bandel ini. Mulai dari menggoyangkan telinga hingga meneteskan obat telinga, ini dia cara mengeluarkan air dari dalam telinga.

Berbaring menyamping

Cara mengeluarkan air dari telinga dapat dilakukan dengan mudah. Kita hanya perlu berbaring di sisi telinga yang tersumbat air selama beberapa menit dengan kepala yang terbungkus handuk. Air akan secara perlahan keluar dengan sendirinya.

Goyangkan telinga

Cara sederhana lainnya adalah dengan menggoyangkan telinga agar air bisa keluar. Cara mengeluarkan air dari telinga ini dimulai dengan menarik atau menggoyangkan daun telinga secara perlahan sementara menyampingkan kepala ke arah bawah atau bisa juga dengan menggoyangkan kepala dari satu sisi ke sisi lainnya.

Mengunyah

Cara mengeluarkan air dari telinga tidaklah sulit, kita hanya harus menggoyangkan mulut untuk membuka saluran telinga dan membuat air keluar. Kita bisa mengunyah permen karet atau menguap untuk melemaskan saluran telinga.

Teknik ruang hampa

Kita dapat mengeluarkan air dengan menciptakan ruang hampa udara untuk menarik air dari dalam telinga.

Pertama-tama, sampingkan kepala ke arah telinga yang tidak tersumbat dan tangkupkan telapak tangan di atas telinga yang tersumbat.

Selanjutnya dorong telapak tangan ke depan dan belakang dalam gerakan yang cepat. Saat mendorong telapak tangan ke arah telinga, ratakan telapak tangan dan tangkupkan saat menariknya menjauh dari telinga.

Setelahnya, miringkan kepala ke arah telinga yang tersumbat untuk mengeluarkan air dalam telinga.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Keluarkan Air dari Telinga

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com