Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Hentikan Kebiasaan “Ngemil” Tengah Malam

Kompas.com - 27/02/2020, 08:10 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Jika kamu banyak merasakan stres di siang hari, kemungkinan besar kamu akan makan berlebihan di malam hari. Ada solusi mudah untuk menghantikan kebiasaan buruk ini.

Makan banyak di malam hari, termasuk ngemil, bukan cuma membuat berat badan terus naik tapi juga mengancam kesehatan. Sebagian besar kebiasaan ngemil tengah malam dipicu oleh stres.

Menurut penelitian, solusi yang paling efektif adalah cukup tidur saat malam. Hal ini karena kualitas tidur malam yang terpenuhi akan melindungi kita dari tekanan stres keesokan harinya.

“Kami percaya tidur bisa membantu para pekerja untuk menghadapi stres sehari-hari, karena tidur bisa membuat seseorang menjadi lebih berenergi dan merasa awas,” kata salah satu peneliti Chu-Hsiang Chang Ph.D.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan kurang tidur akan membuat kita bereaksi berlebihan pada stressor (sumber stres).

Kurang tidur juga membuat kita sulit mengambil keputusan terkait makanan secara sadar.

Chang mengatakan, yang perlu diperhatikan adalah kualitas tidur, bukan hanya kuantitasnya. Namun, rekomendasi umum menyebut orang dewasa seharusnya tidur 7-8 jam setiap malam.

Walau begitu, setiap orang adalah unik dan mungkin butuh durasi tidur yang berbeda-beda untuk kesehatan yang optimal. Salah satu tips untuk mengetahui kebutuhan tidur kita adalah melacak waktu tidur dan bangun secara alami tanpa bantuan alarm.

Baca juga: Waspadai, 5 Risiko Hobi Ngemil di Malam Hari

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com