Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2020, 21:47 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan bukanlah target yang bisa dicapai secara instan. Terlepas dari perubahan pola makan dan olahraga rutin, ada beberapa hal yang juga bisa kita lakukan untuk memaksimalkan usaha penurunan berat badan, salah satunya dengan minum air putih.

Kita semua tahu bahwa minum air dalan jumlah yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Air bahkan lebih penting lagi bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Di dalam tubuh air membawa nutrisi penting ke sel-sel tubuh dan membersihkan racun di dalam tubuh. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa minum dua gelas air sebelum makan bisa membantu proses penurunan berat badan.

Studi dilakukan oleh para peneliti di Departemen Nutrisi Manusia, Makanan dan Olahraga di Sekolah Tinggi Pertanian dan Ilmu Hayati di Virginia Tech, Blacksburg.

Baca juga: Benarkah Kebiasaan Minum Air pada Pagi Hari Menyehatkan Tubuh?

Dalam uji klinis, ditemukan bahwa peserta yang minum dua gelas air sebelum makan bisa menurunkan berat badan rata-rata 2 kg lebih banyak.

Studi ini dilakukan pada 48 orang dewasa dalam kelompok usia 55-75 tahun. Mereka secara acak dibagi menjadi dua kelompok.

Kedua kelompok menjalani pola makan dengan kalori terkontrol. Namun, salah satu kelompok minum dua gelas air setiap sebelum makan (tiga kali sehari) dan kelompok lainnya tidak melakukannya.

Para peserta mengikuti pola yang sama selama 12 minggu. Setelah periode waktu ini, ditemukan bahwa orang yang minum dua gelas air setiap tiga kali sehari kehilangan sekitar 2 kilo berat badan dibandingkan dengan kelompok lain yang tidak melakukannya.

Mengapa air bisa membantu diet?

Minum air sebelum makan akan membuat kita cenderung makan lebih sedikit. Kita akan secara otomatis mengonsumsi lebih sedikit kalori dan kehilangan lebih banyak berat badan pada akhir hari.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dan bisa menurunkan berat badan dengan cepat, pola ini juga perlu didukung oleh faktor lainnya. Seperti mengurangi konsumsi gula dan minuman berkalori tinggi serta melakukan aktivitas fisik rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com